https://banyuwangi.times.co.id/
Ekonomi

Harga Cabai Besar Merosot, Ketua DPRD Banyuwangi Desak Eksekutif Turun Tangan 

Kamis, 10 Oktober 2024 - 15:08
Harga Cabai Besar Merosot, Ketua DPRD Banyuwangi Desak Eksekutif Turun Tangan  Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara SE. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Krisis harga cabai merah besar yang terus merosot hingga menyentuh Rp3.000 per kilogram di tingkat petani, telah membuat para petani di Banyuwangi merana. Harga yang jauh di bawah harga pokok produksi (HPP) sebesar Rp15.000 per kilogram ini membuat petani harus menanggung kerugian yang sangat besar.

Ketua DPRD Banyuwangi, I Made Cahyana Negara SE, mengaku prihatin saat mengetahui fenomena anjloknya harga cabai merah besar. 

“Kami minta dengan tegas Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Pertanian dan Pangan harus hadir untuk mencari solusi dan  menstabilkan harga cabai merah besar, agar para petani tidak merugi,” kata pria yang akrab disapa Made, Kamis (10/10/2024). 

Selanjutnya, politisi PDI Perjuangan ini memberikan arahan kepada Komisi II DPRD Banyuwangi untuk mengundang hadirkan Dispertan dan dinas terkait dalam rangka memberikan solusi terbaik bersama anggota dewan.

“Nanti ketika mereka hadir bisa dicari solusinya, melalui pihak ketiga atau jalan lain yang terbaik untuk petani,” ujarnya.

Senada dengan Ketua DPRD Banyuwangi, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Siti Mafrochatin Ni'mah juga berharap pemerintah dapat segera mengambil tindakan. 

“Kami berharap pemerintah dapat menstabilkan harga atau mungkin mencarikan solusi lain, seperti adanya industri yang dapat menampung cabai saat panen raya dengan membangkan teknologi hasil pertanian seperti cabai kering dan bubuk,” kata Ni’mah. (D)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.