https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyuwangi: Bimtek Jadi Bekal Dewan Selama Mengabdi 

Rabu, 18 September 2024 - 18:11
Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyuwangi: Bimtek Jadi Bekal Dewan Selama Mengabdi  Pembukaan Bimtek Orientasi Bagi Anggota DPRD Kabupaten/Kota Se Jawa Timur Tahun 2024. (FOTO: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bimbingan Teknis yang diikuti oleh anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi periode 2024-2029 di Malang, dianggap sangatlah penting. Pasalnya kegiatan tersebut dapat meningkatkan kualitas pengabdian mereka.

“Materi yang diberikan cukup padat. Ini akan menjadi bekal anggota Dewan dalam bertugas. Baik yang baru maupun yang pernah menjabat,” kata Wakil Ketua Sementara DPRD Kabupaten Banyuwangi, Inayanti Kusumasari, Rabu, (18/9/2024).

Dijelaskan Inayanti, selama Bimtek berlangsung yakni mulai tanggal 17 hingga 20 September 2024 mendatang, terdapat banyak topik yang akan diulas.

Diantaranya yakni, terkait orientasi dan pendalaman tugas anggota DPRD sesuai Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor.6 Tahun 2024, Sistem Pemerintahan Indonesia, penguatan dan penegakan Peraturan Perundang-Undangan.

Tidak hanya itu, mereka juga diberi pendalaman tentang fungsi, tugas dan wewenang serta alat kelengkapan dewan. Kemudian, terkait Hak dan Kewajiban anggota DPRD, Tata Tertib, Kode Etik hingga Tata Cara Beracara Badan Kehormatan.

“Dalam pembukaan Bimtek, Kepala BPSDM Jatim memberikan ceramah umum tentang Peran Strategis DPRD dalam Pembangunan Daerah,” ujar Politisi Perempuan PKB ini.

Sebagai informasi, Bimtek yang digeber di Hotel & Convention Savana Malang, para anggota dewan juga diberikan materi diskusi tentang isu-isu aktual tentang implementasi kebijakan pembangunan berkelanjutan di bidang energi, ekonomi dan pangan, solidaritas kemanusian hingga pengamanan dari ancaman global. 

Segudang materi tersebut selain disampaikan dari para pakar dari BPSDM, tapi juga diisi oleh sejumlah akademisi dari universitas ternama.

Bimtek yang diselenggarakan oleh BPSDM Provinsi Jawa Timur ini dianggap sebagai investasi jangka panjang bagi pembangunan Banyuwangi. Dengan bekal pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dari Bimtek, diharapkan para anggota DPRD dapat menjalankan tugasnya dengan lebih efektif dan efisien. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.