Ekonomi

Jagoan Tani Banyuwangi Manfaatkan Pandemi Covid-19 untuk Merintis Bisnis

Jumat, 16 Juli 2021 - 15:38
Jagoan Tani Banyuwangi Manfaatkan Pandemi Covid-19 untuk Merintis Bisnis Para peserta Jagoan Tani mengikuti mentoring secara virtual. (FOTO: Tangkapan layar Zoom meeting)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Mentoring para peserta kompetisi 'Jagoan Tani' yang diselenggarakan Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi memasuki sesi narasumber keempat. Pada sesi ini, seluruhnya dipaksa untuk melek digital dengan melihat peluang bisnis ditengah pandemi Covid-19.

Sebagaimana diketahui, nyaris seluruh wirausaha dan bisnis di Banyuwangi lesu sejak awal pandemi Covid-19 menginvasi di Indonesia. Banyak masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan bangkrut dari usahanya.

Segala upaya dan inovasi sudah dilakukan pemerintah untuk percepatan kebangkitan ekonomi nasional. Salah satu sektor bisnis yang tidak hancur sepenuhnya di masa Covid-19 ini adalah agribisnis. Bahkan, karena pandemi Covid-19 saat ini ada beberapa jenis usaha yang sangat moncer.

"100 tim Jagoan Tani Banyuwangi ini harus bisa memanfaatkan pandemi untuk kebangkitan bisnis. Harus peka, lihat situasi, rencanakan dan eksekusi," kata Ervina Wahyu S, Akademisi Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) Banyuwangi sebagai mentor para Jagoan Tani, Jumat (16/7/2021).

Ervina mencontohkan, salah satu peluang agribisnis di masa pandemi ini adalah dengan menjual produk yang mengandung manfaat kesehatan. Terutama terhadap produk yang terindikasi dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Misalnya saja berjualan jamu dalam kemasan bubuk.

Sebelum terjun, Ervina meminta para peserta agar melakukan riset singkat terhadap permintaan konsumen. Menurutnya, kebutuhan dan keinginan dari para konsumen yang tumbuh dari perubahan tren di segi kultural, ekonomi, teknologi yang menjadi sinyal kesempatan memulai pasar baru.

"Bertindaklah dengan cepat, berhenti membuat alasan-alasan. Waktu paling tepat adalah ketika sudah melihat peluang dan rencana sudah matang. Jangan biarkan bakal calon kompetitor mencuri start dari bisnis yang sebenarnya bisa dimulai dulu," kata Ervina memotivasi peserta Jagoan Tani Banyuwangi.

Dia menekankan, sebagaimana generasi muda harus peka terhadap situasi sekitar. Dia menilai, kesuksesan bermula dari keberhasilan peserta dalam melihat peluang sekitar.

"Minimal penuhi kebutuhan sekitar, apa permasalahannya lalu buatkan produk sebagai solusi. Setelah itu mulai memanfaatkan internet untuk menyelesaikan problematika konsumen global," katanya.

Untuk mencapai pasar global, para peserta Jagoan Tani Banyuwangi harus secara detail mencantumkan manfaat dari produk yang dihadirkan. Melalui promosi yang tepat dan konsisten, Ia yakin jika produk-produk lokal Banyuwangi akan segera memenuhi bursa pasar global.

"Konsisten. Terus lakukan, dan berusaha memanfaatkan peluang sesuai keadaan. Membaca situasi. Selain laku tentunya produk juga harus memiliki manfaat bagi konsumen," katanya.

Memang, dalam setiap usaha yang dirintis kerap sekali menemui titik statis. Pada titik ini, menurut Ervina adalah fase dimana pebisnis menjadi sukses atau berhenti karena rugi. Agar fase tersebut dapat dilalui dengan mudah, maka perencanaan yang matang harus dilakukan sebelumnya.

"Tidak ada bisnis yang berjalan lancar tanpa adanya perencanaan yang matang. Apapun bentuknya, Pertanian perikanan aatau budidaya lakukan saja dan jadilah anak muda yang berpengaruh di Banyuwangi," jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, kompetisi ‘Jagoan Tani’ yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuwangi, melalui Dinas Pertanian dan Pangan Banyuwangi, dibagi dalam 2 katergori. Yakni kategori Ide Bisnis dan Rintisan Bisnis.

Inovasi 'Jagoan Tani' yang mendorong terciptanya Agropreneur di Banyuwangi ini sangat diminati kalangan generasi muda. Terbukti sampai dengan pendaftaran ditutup pada 30 Juni 2021, terdapat 443 tim mendaftar dengan total 1.528 anak muda terlibat. Setelah dilakukan seleksi, hanya 100 tim yang kemudian terpilih untuk mengikuti tahap selanjutnya. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.