https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Top, Layanan Kesehatan di Banyuwangi Lebih Dekat dengan Masyarakat

Sabtu, 05 Oktober 2024 - 20:23
Top, Layanan Kesehatan di Banyuwangi Lebih Dekat dengan Masyarakat Petugas kesehatan sedang melakukan tes USG kepada bumil saat jemput bola layanan kesehatan. (Foto: Dinkes Banyuwangi For TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Pemkab Banyuwangi melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) terus memacu peningkatan akses pelayanan kesehatan bagi masyarakat terutama dalam upaya promotif dan preventif. Pelayanan yang lebih dekat dengan masyarakat.

Melalui kegiatan jemput bola pelayanan kesehatan, diharapkan bisa menjangkau masyarakat yang kesulitan mendapat layanan.

Tak hanya lebih dekat dengan masyarakat, adanya layanan jemput bola ini warga dapat memperoleh berbagai pelayanan kesehatan dasar secara gratis.

Mulai dari skrining kesehatan seperti cek tekanan darah, cek gula darah, cek kolesterol termasuk asam urat serta pemberian obat termasuk layanan USG bagi ibu hamil.

Langkah ini merupakan sinergitas Pemkab Banyuwangi, Dinkes, Puskesmas Kedungrejo, Pemdes Kedungringin, RS Bakti Mulia Muncar dan Klinik Khotijah Muncar.

Petugas-kesehatan-2.jpg

Pada Sabtu, (5/10/2024) kegiatan jemput bola pelayanan kesehatan digelar di Desa Kedungringin, Kecamatan Muncar dengan dihadiri oleh Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Banyuwangi Guntur Priambodo, Plt Kepala Dinkes Banyuwangi Amir Hidayat.

Kurang lebih 200 masyarakat berbondong-bondong datang untuk mengikuti layanan kesehatan gratis tersebut.

Mulai dari usia produktif, ibu hamil serta lansia mendapat pelayanan kesehatan sesuai yang dibutuhkan.

Dalam kesempatan tersebut PJ Sekda Banyuwangi Guntur Priambodo mengatakan, Pemkab Banyuwangi, melalui Dinkes terus mendorong layanan kesehatan terbaik untuk masyarakat.

Selain itu, layanan jemput bola juga diharapkan bisa menjadi langkah apik dalam meningkatkan taraf kesehatan masyarakat.

“Upaya kesehatannya bisa sangat baik. Kami dari pemerintah juga selalu berusaha untuk memberikan layanan khususnya di bidang kesehatan agar lebih baik lagi," katanya Sabtu, (5/10/2024).

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya masyarakat sekitar supaya kesehatannya bisa terpantau dengan baik,” harap Guntur.

Petugas-kesehatan-3.jpg

Sementara itu Kepala Puskesmas Kedungrejo, H. Sudarmawan. S.Kep. Ns mengutarakan, kegiatan ini tujuan utamanya adalah jemput bola untuk melayani masyarakat.

Ia berharap, dapat memberikan layanan kesatan langsung kepada masyarakat yang tidak bisa datang ketempat karena masalah kondisi dan situasi.

"Kegiatan berjalan dengan lancar dan utamanya sendiri adalah jemput bola, dimana kegiatan jemput bola ini diharapkan dapat memberikan layanan kesehatan angsung kepada masyarakat yang terkendala datang ke Puskesmas,” tuturnya.

Langkah ini merupakan langkah positif pemkab Banyuwangi dalam penguatan layanan kesehatan demi menjamin naiknya angka harapan hidup masyarakat. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Yatimul Ainun
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.