https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Rumah Sakit Tipe C Segera Berdiri di Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi

Rabu, 18 September 2024 - 19:23
Rumah Sakit Tipe C Segera Berdiri di Pesanggaran Kabupaten Banyuwangi Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersama Direktur PT. BSI, Cahyono Seto saat menandatangani kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) (Foto: Ikromil Aufa/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sebuah terobosan penting dalam layanan kesehatan akan segera terwujud di wilayah Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. Tambang emas PT Bumi Suksesindo (PT BSI) berkolaborasi dengan Pemkab Banyuwangi mengumumkan rencana pembangunan Rumah Sakit Tipe C yang diharapkan dapat meningkatkan akses dan kualitas layanan medis bagi masyarakat setempat.

Pembangunan ini resmi segera dimulai setelah penandatanganan kesepakatan bersama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab Banyuwangi dengan PT Bumi Suksesindo pada Rabu (18/09/2024).

Direncanakan Rumah Sakit yang akan dibangun tersebut akan mematuhi standar nasional. Fasilitas-fasilitas kesehatan yang ada juga akan menyediakan layanan medis berkualitas. 

Rumah sakit tersebut juga akan fokus pada pelayanan kesehatan warga kurang mampu berbasis pada BPJS Kesehatan dan juga pelayanan bagi yang mempunyai Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) dengan pelayanan terbaik dan fasilitas lengkap.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas mengatakan, peningkatan kualitas dan pemerataan layanan kesehatan merupakan upaya kolaborasi seluruh komponen secara terpadu baik dari masyarakat, dunia usaha, maupun pemerintah.

"Rumah Sakit Kelas C ini akan dilengkapi dengan berbagai fasilitas medis modern dan tenaga medis yang berpengalaman, sehingga masyarakat tidak perlu lagi pergi jauh untuk mendapatkan perawatan yang mereka butuhkan," ujar Ipuk usai menandatangani MoU, Rabu (18/09/2024).

Salah satu, masih Ipuk, perhatian utama Pemkab Banyuwangi dalam sektor kesehatan adalah pemerataan layanan. Mengingat Banyuwangi secara geografis adalah salah satu daerah terluas di jawa, dan banyak penduduknya yang tinggal di wilayah perkebunan.

“Dengan adanya Rumah Sakit baru ini, masyarakat sekitar wilayah Kecamatan Pesanggaran bisa semakin mudah mengakses fasilitas kesehatan,” katanya.

Sementara itu, Direktur PT. BSI, Cahyono Seto menjelaskan, bahwa Rumah Sakit di wilayah Kecamatan Pesanggaran merupakan inisiatif perusahaan untuk berkontribusi positif dalam meningkatkan pelayanan kesehatan di Banyuwangi.

“Terima kasih kepada Pemkab Banyuwangi yang menyambut baik kehadiran layanan kesehatan ini,” kata Seto sapaan akrabnya.

Dia menambahkan, dengan kerjasama ini diharapkan bisa menjadi momen terbaik untuk bersama-sama mewujudkan kesehatan masyarakat yang semakin baik.

“Semoga kami terus bisa memberikan fasilitas serta layanan kesehatan terjangkau dan berkualitas bagi warga Banyuwangi,” ujarnya.

Perlu diketahui, layanan Rumah Sakit Tipe C ini diantaranya meliputi pelayanan medik umum, gawat darurat, medik spesialis dasar, spesialis penunjang medik, medik spesialis gigi mulut, keperawatan dan kebidanan, serta pelayanan penunjang klinik dan non klinik.

Pembangunan Rumah Sakit Kelas C ini diproyeksikan akan rampung dalam waktu satu tahun ke depan. Dengan komitmen yang kuat dari PT BSI dan dukungan penuh dari Pemkab Banyuwangi, diharapkan akses kesehatan masyarakat Banyuwangi Selatan akan semakin meningkat, menjadikan wilayah ini lebih siap menghadapi tantangan di sektor kesehatan.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.