https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Uji Kompetensi Wartawan di Banyuwangi, Ninik: Insan Pers Harus Selalu Jaga Marwah Profesi 

Sabtu, 19 Oktober 2024 - 18:47
Uji Kompetensi Wartawan di Banyuwangi, Ninik: Insan Pers Harus Selalu Jaga Marwah Profesi  Ketua Dewan Pers, Ninik Rahayu (tengah), dalam kesempatan acara penutupan Uji Kompetensi Wartawan Jawa Timur, di Banyuwangi, Sabtu (19/10/2024) petang. (FOTO: Amin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGIKetua Dewan Pers, Ninik Rahayu, mengapresiasi keikutsertaan wartawan dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW), yang digelar Dewan Pers di Banyuwangi, Jawa Timur, Jumat-Sabtu (18-19/10/2024). 

"Dewan Pers mengapresiasi setinggi-tingginya kepada peserta, sudah berniat mengikuti UKW ini. Hal ini menunjukkan itikad baik menghormati profesi, menjaga martabat menjadi seorang wartawan," kata Ninik Rahayu, sebelum menutup UKW Dewan Pers, di Kakoon Hotel, Banyuwangi, Sabtu (19/10/2024) petang. 

acara-penutupan-Uji-Kompetensi-Wartawan-Jawa-Timur-2.jpg

Menurutnya, wartawan merupakan profesi sangat agung, sebagai penegak demokrasi pilar keempat. Karena itu pula, kata Ninik, wartawan dituntut profesional, dan juga perusahaan media, harus ikut menjaga marwah profesi ini. Yakni, menjadi wartawan yang tetap independen, di atas kepentingan publik. 

"Kerja para wartawan adalah kerja etik, di atas norma hukum. Jadi, wartawan harus paham etika jurnalistik, mempedomani prinsip, moralitas, demokrasi, profesionalitas dan supremasi hukum," pesan Ninik 

acara-penutupan-Uji-Kompetensi-Wartawan-Jawa-Timur-3.jpg

Menurutnya, geneologi pers adalah mempengaruhi, mendorong dan mengajak masyarakat untuk hal-hal yang benar. 

Dalam UKW di Banyuwangi ini, diikuti 45 peserta, dan paling banyak diikuti peserta jenjang Wartawan Muda. 

Salah satu peserta, Didik Indrianto U, mengungkapkan kesannya mendapatkan pengalaman UKW Muda yang diikutinya. Didik boleh dibilang sangat bersemangat, mengingat usianya yang menginjak 60 tahun. 

"Saya juga mendapatkan banyak wawasan jurnalistik baru soal bagaimana menjadi wartawan kompeten selama ikut UKW ini. Usia Saya 60 tahun, namun bagi Saya menambah ilmu tidak mengenal waktu dan usia," kesannya. 

Didik mengaku memilih mengikuti UKW di Banyuwangi ini, dengan perjalanan menggunakan sepeda motor dari kediamannya di Kota Sidoarjo. Ia berangkat sejak Kamis (17/10/2024) sekitar pukul 11.00 WIB, dan sampai di tujuan malam hari. 

"Belajar dan menimba ilmu jurnalistik ini Saya niati, tidak masalah. Karena, kelak akan bisa menjadi cerita motivasi untuk anak cucu," ungkapnya mendapatkan aplaus beberapa kali peseta lainnya. (*) 

Pewarta : Khoirul Amin
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.