Berita

Menag RI Gus Yaqut Tiba di Malut, STQ Nasional XXVI Siap Digelar Malam Ini

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 12:55
Menag RI Gus Yaqut Tiba di Malut, STQ Nasional XXVI Siap Digelar Malam Ini Penjemputan Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Quomas dipastikan bandara Baabullah Ternate. (Foto: Biro Adpim Malut)

TIMES BANYUWANGI, SOFIFI – Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Quomas (Menag RI Gus Yaqut) dipastikan membuka secara resmi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur'an atau STQ Nasional XXVI, yang dipusatkan di halaman Masjid Raya Shaful Khairat, Sofifi, Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut) pada Sabtu (16/10/2021).

Menag RI dan rombongan tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate dengan pesawat Batik Air.  Sebelum menuju ke Sofifi, Menag serta Wagub dan rombongan dari Bandara langsung menuju ke Asrama Haji Ngade di Ternate untuk menghadiri acara Peresmian Gedung Zam-zam dan Gedung Minah. 

Diketahui, seluruh kafilah dari 34 provinsi se-Indonesia dengan jumlah 571 orang juga sudah tiba dan mulai bermalam di ibu kota Sofifi, Jumat 15 Oktober 2021. Para kafilah disediakan tempat pemondokan di Perumahan ASN I, ASN II, dan ASN III.

Yaqut Cholil Quomas ternate 2Venue utama Masjid Raya Shaful Khairaat. (Foto: Humas PLN Malut)

Ketua Bidang IT dan Publikasi STQ Nasional, Rahwan K Suamba mengungkapkan hingga saat ini pihaknya terus mematangkan kesiapan jelang acara pembukaan.

"Persiapan terus dilakukan secara normal, mulai dari Pawai Taaruf kemarin dan Malam Taaruf semua berjalan dengan baik,"ujar Rahwan saat ditemui di media center, Sofifi, Sabtu (16/10/2021)

Rahwan menuturkan, terdapat empat mata lomba STQ Nasional XXVI, yaitu

1. Cabang Seni Baca Al-Quran

  • Golongan anak-anak
  • Golongan dewasa

2. Cabang Hafalan Al-Qur'an

  • Golongan 1 Juz dan Tilawah
  • Golongan 5 Juz dan Tilawah
  • Golongan 10, 20, 30 Juz

3. Golongan Tafsir Qur'an

  • Golongan Tafsirr Bahasa Arab

4. Golongan Musabaqah Al-Hadits

  • Golongan Hafal 100 Hadits dengan Sanad
  • Golongan Hafal 500 Hadits dengan Sanad

Masing-masing mata lomba dibagi kelima lokasi lomba, yakni venue utama Masjid Raya, Ruang Paripurna DPRD Malut, Aula Dinas Pendidika dan Kebudayaan, Aula Dinas PUPR, dan Aula Nuku Kantor Gubernur.

"Masing-masing venue telah siap menjadi arena pelombaan," tandasnya terkait persiapan STQ Nasional XXVI di Malut yang akan dibuka Menag RI Gus Yaqut. (*)

Pewarta : Wahyudi Yahya
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.