Berita

CEK FAKTA: Hoaks, Prabowo Subianto Dirawat Setalah Berjoget di Istora Senayan

Kamis, 15 Februari 2024 - 16:24
CEK FAKTA: Hoaks, Prabowo Subianto Dirawat Setalah Berjoget di Istora Senayan Informasi pesan berantai WhatsApp tentang Prabowo Subianto di rawat di Rumah Sakit setelah melakukan pidato di Istora Senayan.

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Beredar informasi di media sosial calon presiden Prabowo Subianto di rawat di Rumah Sakit, setelah melakukan pidato di Istora Senayan.

Informasi berupa foto seorang pria tengah dirawat di rumah sakit tersebut, beredar di Grup WhatsApp, Kamis (15/2/2023) siang, dengan narasi sebagai berikut
Setelah semalam melakukan talk conference di Istora sambil joget², pagi ini harus bedrest..... Masa belum 24 jam, terus nanti Presiden nya langsung si Samsul sih 

cek-fakta-Prabowo-Subianto-2.jpg

Benarkah informasi tersebut?

Penelusuran Fakta

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia menelusuri informasi video tersebut tidak benar. Sebab, hari ini Prabowo Subianto melakukan ziarah ke makam kedua orang tuanya.

Menurut hasil penelusuran, Prabowo Subianto sempat memberikan pidato di Istora Senayan, DKI Jakarta, Rabu (14/2/2024) malam. Dia sempat memberikan pidato terkait penyelenggaraan pemilu yang lancar dan damai.

"Pemilu 2024 ini berjalan dengan aman, tertib, sejuk, tanpa ketegangan, dan kekisruhan di seluruh wilayah Nusantara yang kita cintai," ujar Prabowo dalam pidatonya di Istora Senayan, Jakarta, pada Rabu (14/2/2024) malam.

https://timesindonesia.co.id/politik/486672/prabowo-subianto-bersyukur-pemilu-2024-berjalan-lancar-dan-damai 

Setelah itu, Prabowo Subianto bersama calon Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka sempat bertemu dengan Presiden RI Jokowi malam harinya. Pertemuan ini bersifat tertutup dan pribadi.

"Dalam pertemuan itu, saya bertemu langsung (Prabowo-Gibran). Semalam," kata Presiden RI Jokowi kepada wartawan setelah membuka Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 di JIExpo Kemayoran, Jakarta, pada Kamis (15/2/2024).
Sumber: https://timesindonesia.co.id/peristiwa-nasional/486722/presiden-jokowi-bertemu-dengan-pasangan-prabowogibran-usai-pemilu-2024

Penelusuran lebih lanjut, Prabowo Subianto pada 15 Februari 2024, juga melakukan ziarah makam kedua orang tuanya. Prabowo menyambangi makam ayahnya setelah berziarah ke makam ibunya, Dora Marie Djojohadikusumo atau Sigar di TPU Tanah Kusir pada hari yang sama.

“Saya ziarah ke (makam) Ibu saya di Tanah Kusir dan sekarang saya ke Bapak saya di sini, di Karet,” tutur Prabowo kepada pers setelah berziarah ke makam ayahnya.
Sumber: https://www.antaranews.com/berita/3965859/setelah-makam-ibu-prabowo-ziarah-ke-makam-ayah-didampingi-anaknya

Tim Cek Fakta juga sempat melakukan penelusuran terhadap foto yang tersebar di WAG tersebut, hasilnya tidak bisa ditemukan karena kondisi gambar yang kurang jelas, dan sulit dideteksi secara detail.

Kesimpulan

Informasi terkait  Prabowo Subianto di rawat di Rumah Sakit, setelah melakukan pidato di Istora Senayan, merupakan konten menyesatkan atau misleading content. Prabowo Subianto tidak dirawat di rumah sakit dan telah melakukan aktivitas bertemu Presiden RI Jokowi dan berziarah makam kedua orang tuanya, pada 15 Februari 2024.

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan sejumlah media dan satu komunitas (Mafindo) untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected](*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.