https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Ini Dia Lima Takjil Paling Sering Diburu saat Ramadan di Banyuwangi

Sabtu, 17 April 2021 - 12:44
Ini Dia Lima Takjil Paling Sering Diburu saat Ramadan di Banyuwangi Pasar takjil di Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bulan suci Ramadan merupakan yang paling istimewa di antara bulan lain. Betapa tidak, selama 30 hari Allah SWT akan membuka semua kemudahan bagi setiap umat Islam yang menjalankan puasa. Termasuk sumber rezeki di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur melalui berjualan takjil.

Selama Ramadan, ribuan orang mendadak berjualan. Masing-masing berlomba-lomba mengais berkah dari Sang Pencipta Semesta. Dalihnya pun beragam. Sekedar mengisi waktu, mencari tambahan untuk keperluan lebaran, belajar berwirausaha atau bahkan murni mencari keuntungan.

Omzet yang ditawarkan pun cukup menggiurkan. Hanya berjualan selama 3 jam, dapat meraup omzet ratusan ribu rupiah hingga mencapai Rp 1,2 juta. Kebayang kan, jika rutin berjualan selama satu bulan penuh?

Mulai dari ibu rumahtangga, disabilitas, kawula muda, istri tukang parkir, tukang tambal ban, mahasiswa, bahkan anggota dewan dan masih banyak golongan lainnya. Namun mayoritas dari penjual takjil ini adalah mereka yang memang bukan memiliki pekerjaan sebagai pedagang sebelumnya.

Semuanya menyajikan aneka menu-menu berbuka puasa. Dari yang segar, manis hingga pedas. Baik olahan kue, buah, sayur, daging ataupun lainnya.

Berikut 5 ranking takjil paling laku terjual berdasarkan survei TIMES Indonesia di 4 Kecamatan dari 8 pasar takjil yang ada.

5. Jenang Grendul Bubur Sumsum

Jenang-Grendul-Bubur-Sumsum.jpg

Jenang grendul bubur sumsum menempati posisi ke-5 survei TIMES Indonesia sebagai takjil paling laku saat Ramadan di Banyuwangi.

Ya, Jenang grendul merupakan salah satu makanan tradisional yang sampai saat ini masih selalu diincar oleh masyarakat. Makanan berbahan dasar tepung ketan ini sangat nikmat dimakan bersama santan. Rasa manis dan legit dipadukan dengan gurihnya santan kelapa dan saus gula merah menghasilkan perkawinan rasa yang sempurna untuk membatalkan puasa saat azan Magribh.

Jenang Grendul ini bisa disantap begitu saja atau lebih nikmat jika dipadukan dengan bubur sumsum. Bubur sumsum sendiri adalah penganan dengan tekstur yang lembut, rasanya gurih dan terbuat dari tepung beras sebagai bahan utama.

4. Kolak Pisang

Kolak-Pisang.jpg

Kolak pisang merupakan jajanan yang menempati posisi ke-4 survei TIMES Indonesia sebagai takjil paling laku saat Ramadan di Banyuwangi.

Kolak sendiri sebenarnya bisa terbuat dari beragam isian yang dikombinasikan bersama, mulai dari pisang, ubi, singkong hingga labu. Namun kolak yang paling banyak dibuat di bulan Ramadan adalah kolak pisang yang legit nan menggoda.Terkadang, kolak pisang juga diberi tambahan isian berupa kolang kaling.

Kudapan tradisional nusantara ini disukai semua kalangan, terutama menemani orang yang berpuasa kala berbuka. Komposisinya yang terdiri dari buah pisang dan umbi-umbian cukup untuk mengganjal perut lapar berpuasa. Bagi mereka yang ingin menunda makan berat karena hendak menunaikan ibadah shalat tarawih, takjil yang satu ini sangat cocok untuk dipilih.

3. Kue Patola

Kue-Patola.jpg

Pantas jika kue tradisional Banyuwangi yang satu ini menjadi salah satu takjil yang laris manis diburu saat bulan puasa. Kue Patola, adalah jajanan legendaris yang hanya tersedia setahun sekali ini menempati posisi ke-4 survei TIMES Indonesia sebagai takjil paling laku saat Ramadan di Banyuwangi.

Kue patola merupakan penganan yang terbuat dari tepung beras. Sekilas, bentuknya mirip mie. Di luar Banyuwangi, orang menyebut kue ini Putu Mayang. Kue keriting ini terbuat dari tepung kanji dan tepung beras. Warnanya yang bermacam-macam menjadikan perut semakin keroncongan saat melihatnya.

Kue ini disajikan dengan perkawinan santan dengan gula merah. Kenikmatan kue patola bisa dinikmati dalam keadaan hangat maupun dingin.

2. Es Buah

Es-Buah.jpg

Kesegaran es buah masih belum tergantikan. Takjil mainstream satu ini masih begitu diminati dan menduduki ranking ke-2 survei TIMES Indonesia sebagai takjil paling laku saat Ramadan di Banyuwangi.

Es buah ini biasanya diisi dengan 4 atau 5 varian buah. Terkadang penjual juga mengkombinasikan dengan agar-agar atau jelly. Semua isinya dipotong kecil-kecil. Di Banyuwangi ada beberapa versi es buah. Ada yang hanya mengandalkan sirup atau mencampurkannya dengan susu atau creamer.

Jenis buah yang paling umum digunakan adalah semangka dan melon. Karena keduanya mudah dipadatkan dan mengandung banyak air. Sehingga menjadi alternatif sebagai pelepas dahaga saat berbuka puasa.

1. Es Krai/ Es Blewah

Es-Krai-Es-Blewah.jpg

Kesederhanaan es krai atau es blewah masih tak tergantikan. Hanya terbuat dari serutan buah krai atau blewah yang ditambahkan dengan air dan sirup atau gula, menjadikan takjil satu ini menempati posisi pertama survei TIMES Indonesia sebagai takjil paling laku saat Ramadan di Banyuwangi.

Ibarat pepatah, semakin jarang ketemu maka semakin berat memendam rindu. Sangat cocok untuk menjadikan alasan mengapa es ini menjadi jawara hampir di setiap Ramadan di Banyuwangi.

Siapa yang menyangka buah blewah atau krai sangat sulit ditemukan pada bulan biasa, namun banyak saat Ramadan tiba? Sebenarnya buah ini dapat berbuah di segala musim di Banyuwangi. Namun, permintaan pasar melonjak saat bulan puasa.

Selain di bulan Ramadan, petani akan mengurangi jumlah tanaman krai atau blewah. Bahkan memungkinkan jika petani menggantinya dengan tanaman lain yang lebih laku di pasaran atau hanya menanam saat menjelang Ramadan saja.

Sehingga, sejumlah petani di Kabupaten Banyuwangi khususnya, hanya menanam buah-buahan tersebut dengan estimasi tepat panen di bulan puasa. Maka tak heran, sejumlah orang mengira kalau takjil berupa es krai atau es blewah hanya ada di bulan Ramadan saja. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.