Berita

Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Diperkirakan Tutup Selama Satu Pekan

Kamis, 08 April 2021 - 12:32
Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi Diperkirakan Tutup Selama Satu Pekan Hutan di Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi. (FOTO: Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Destinasi wisata Taman Nasional Alas Purwo Banyuwangi ditutup sementara untuk seluruh kunjungan wisatawan. Penutupan ini berlangsung antara tiga hingga satu pekan, dikarenakan adanya perbaikan belasan tiang listrik yang roboh dan memblokir akses jalan.

Koordinator Perlindungan Balai Taman Nasional Alas Purwo, Sucipto, menyatakan telah terjadi peristiwa alam yang menyebabkan ambruknya pohon jati yang kemudian disusul robohnya sekitar 18 tiang listrik secara beruntun.

Akibatnya, Wisata Alas Purwo dipastikan mengalami pemadaman tanpa adanya pasokan listrik. Lebih fatalnya, baik pohon ataupun tiang listrik tumbang secara berbaris melintang di jalan.

"Mungkin 3 hari sampai seminggu kedepannya kita tutup. Karena memang tidak memungkinkan masuk. Tapi kita masih menunggu informasi lebih lanjut," kata Sucipto, Kamis (8/4/2021).

Setelah mengecek kondisi di lapangan, Sucipto memastikan jika tumbangnya pohon jati yang menyebabkan robohnya belasan tiang listrik disebabkan oleh angin kencang.

"Pohon jati itu tumbang kena angin kencang dan tumbang menimpa kabel. Sehingga tidak memungkinkan kendaraan untuk masuk," jelas Sucipto melalui sambungan telepon.

Penutupan sementara inipun tentunya juga berimbas terhadap sejumlah kunjungan wisatawan. Banyak wisatawan yang harus terpaksa memutar balik karenanya. Selain itu, sejumlah wisatawan yang sudah booking tiket juga sudah dihubungi oleh pihak Wisata Alas Purwo.

Sementara itu petugas PLN Banyuwangi sudah melakukan evakuasi dan pembersihan jalur. Sedangkan untuk perbaikan diprediksi akan memakan waktu beberapa hari. Ini karena, sejumlah tiang listrik tersebut dalam kondisi patah. Sehingga harus dilakukan penggantian dengan tiang baru.

"Estimasinya memakan waktu beberapa hari. Kita lakukan secepat mungkin. Kita harus pesan dulu tiang listrik. Karena tiang listrik yang roboh kondisinya retak dan patah. Harapan kita tidak ada halangan dalam perbaikan ini," kata Kepala PLN UP3 Banyuwangi Krisantus H. Setyawan saat dikonfirmasi soal robohnya tiang listrik di sekitaran Taman Nasional Alas Purwo. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.