Berita

LDII Banyuwangi: Idul Adha jadi Momentum Meningkatkan Kepedulian di Tengah Pandemi

Selasa, 20 Juli 2021 - 22:41
LDII Banyuwangi:  Idul Adha jadi Momentum Meningkatkan Kepedulian di Tengah Pandemi Suasana penyembelihan hewan kurban jamaah LDII Banyuwangi. (Foto : Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Banyuwangi, Jawa Timur, mengajak seluruh umat muslim untuk merayakan hari raya Idul Adha dengan meningkatkan kepedulian kepada sesama.

“Idul Adha 2021 adalah momentum meningkatkan kepedulian ditengah pandemi,” ucap Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) LDII Banyuwangi, Kris Parwanto, Rabu (21/7/2021).

Ajakan tersebut sesuai dengan tema yang diusung LDII Banyuwangi pada hari raya kurban tahun ini. Yaitu ‘Mewujudkan Ketakwaan dan Kepedulian Sosial Ditengah Pandemi Dengan Kurban’.

Menurutnya, pendemi Covid-19 telah membawa dampak yang luar biasa diseluruh dunia. Termasuk dinegara Indonesia dan Kabupaten Banyuwangi. Nyaris seluruh sektor perekonomian lumpuh. Banyak masyarakat yang pendapatannya menurun drastis bahkan hilang.

“Di balik bencana ini, ada sebuah kesempatan bagi kita semua untuk memupuk kepedulian pada sesama. Ada kesempatan bagi kita semua untuk bersama bergotong royong, saling membantu untuk bangkit dari pendemi,” ungkapnya.

Disebutkan, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19, LDII Banyuwangi, menerapkan protokol kesehatan ketat dalam pelaksanaan penyembelihan hewan kurban.

“Alhamdulillah tahun ini kami mampu mewujudkan pelaksanaan penyembelihan hewan kurban sejumlah 348 ekor yang terdiri dari 159 ekor sapi dan 189 ekor kambing yang tersebar dikurang lebih 80 Majlis Taklim LDII di Banyuwangi,” terangnya.

Waktu penyembelihan, dilaksanakan pada hari pertama dan kedua. Proses pembagian dilakukan secara door to door. Alias diantar oleh petugas khusus kepada para penerima. Tujuannya guna menghindari terjadinya kerumunan.

“Daging kurban kita bagikan kepada warga sekitar masjid maupun tetangga warga LDII sebagai bentuk kepedulian sosial kepada masyarakat yang sebagian terdampak pandemi Covid-19. Mari kita berdoa bersama agar Covid-19 segera sirna,” cetusnya.

Selain menerapkan protokol kesehatan secara ketat, LDII Banyuwangi, juga mengimbau seluruh Pengurus Cabang (PC) maupun Pimpinan Anak Cabang (PAC) untuk membungkus daging kurban dengan besek kulit bambu. Dengan begitu diharapkan mampu mengurangi sampah plastik. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.