https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Proses Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Dimulai, Kemenag Tekankan Kepatuhan Aturan Bagasi

Jumat, 21 Juni 2024 - 20:02
Proses Kepulangan Jemaah Haji Indonesia Dimulai, Kemenag Tekankan Kepatuhan Aturan Bagasi Petugas melakukan penimbangan tas koper milik Jemaah Haji Indonesia gelombang pertama yang akan pulang ke Tanah Air. (FOTO: MCH 2024 Kemenag RI)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTAJemaah haji Indonesia gelombang pertama mulai bersiap untuk pulang ke Tanah Air setelah menyelesaikan rangkaian puncak haji. Penimbangan koper bawaan jemaah dilakukan oleh Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi sebelum keberangkatan.

Widi Dwinanda, anggota Media Center Kementerian Agama, mengumumkan bahwa enam kloter (SOC 01, SOC 02, SOC 03, BDJ 01, UPG 01, dan SOC 05) telah menjalani penimbangan koper sebelum puncak haji dan akan menjadi kloter pertama yang pulang. "Koper bagasi jemaah akan ditimbang dua hari sebelum keberangkatan dari hotel ke bandara," jelas Widi.

Ketentuan Bagasi dan Barang Bawaan

Menurut Widi, koper bagasi jemaah harus memiliki berat maksimal 32 kg dan akan dibawa lebih dahulu setelah proses penimbangan. "Barang bawaan yang ikut jemaah naik bus adalah tas kabin," tambahnya.

tas-koper-milik-Jemaah-Haji-Indonesia-2.jpg

Ia menekankan pentingnya memperhatikan ketentuan barang yang boleh dan dilarang dibawa terbang bersama Saudia Airlines dan Garuda Indonesia. "Pihak maskapai hanya akan mengangkut barang berlogo Saudia Airlines dan Garuda Indonesia," jelas Widi.

Penumpang dapat membawa 1 buah tas pasport, 1 buah tas kabin dengan berat maksimal 7 kg, dan 1 buah koper besar dengan berat maksimal 32 kg. "Setiap jemaah haji akan mendapatkan 1 botol air zamzam (5 liter) yang dibagikan setibanya di asrama haji Indonesia," tambahnya.

Barang-barang Terlarang

Barang-barang yang dilarang dibawa di tas bagasi dan tas jinjing jemaah antara lain air zamzam, uang tunai lebih dari Rp100.000.000, cairan, senjata, powerbank, barang mudah meledak, produk hewan, makanan berbau tajam, dan tanaman hidup. "Jika terbukti membawa air zamzam dalam koper, koper akan dibongkar dan ditahan," tegas Widi.

tas-koper-milik-Jemaah-Haji-Indonesia-3.jpg

Widi juga mengimbau jemaah untuk menjaga kesehatan, mematuhi imbauan petugas, minum obat teratur, dan menjaga dokumen penting. "Proses pemeriksaan dan kepulangan jemaah ke Tanah Air diharapkan berjalan lancar," pungkasnya. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.