Wisata

Ingin Kuliah di Jurusan Pariwisata? Perhatikan Dulu 6 Tanda Kepribadian Ini

Selasa, 12 Januari 2021 - 00:14
Ingin Kuliah di Jurusan Pariwisata? Perhatikan Dulu 6 Tanda Kepribadian Ini ILUSTRASI - Study jurusan pariwisata. (FOTO: Kampuselizabeth)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTAJurusan Pariwisata menjadi salah satu jurusan yang paling digandrungi mahasiswa di Indonesia. Hal itu mengingat bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya dengan potensi pariwisata atau industri pariwisata, bahkan banyak di antaranya telah mendunia.    

Tidak hanya itu, luasnya cakupan industri pariwisata juga memungkinkan lulusannya untuk berkecimpung di berbagai area. Mulai dari bagian front office, housekeeping, kitchen, hingga industri kuliner, semuanya dapat dieksplorasi sesuai minat dan kemampuan. Namun, tidak semua orang cocok dengan Jurusan Pariwisata.

Dilansir dari Batam Tourism Polytechnic (BTP), ada sedikitnya 6 tanda kepribadian seseorang yang mungkn cocok menimba ilmu menjadi mahasiswa di Jurusan Pariwisata. Apa saja?

1. Kamu mampu beradaptasi di lingkungan baru

Berkarier di industri pariwisata akan menghadapkanmu pada sejumlah ketidakpastian. Misalnya saja, jadwal kerja yang tidak menentu. Hari ini kamu mungkin bekerja di shift pagi, tapi besok harus bertugas di shift malam. Atau tim kerja yang selalu berganti seiring dengan perubahan jadwal setiap harinya.

Ditambah lagi, kamu pun harus menghadapi pengunjung atau pelanggan dari latar belakang yang berbeda. Tentunya, hal-hal ini akan membuatmu serasa berada di lingkungan baru setiap harinya. Mau tak mau, kamu pun dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan realitas di lapangan.

Namun, jangan jadikan ini hambatan. Bagi banyak orang, hal ini justru dapat menjadi tantangan yang menyenangkan. Di satu sisi, lingkungan pekerjaan yang dinamis menjadikan industri pariwisata jauh dari kata membosankan. Selain itu, bertemu dengan banyak orang baru setiap hari juga akan semakin menambah wawasan dan pengalamanmu.

2. Kamu punya kerja sama tim yang baik

Sebagai industri dengan divisi atau bagian yang beragam, kerja sama tim merupakan kunci untuk dapat memberikan pelayanan terbaik. Saat menjadi front officer misalnya, kamu harus mampu berkoordinasi dengan bagian housekeeping jika ada tamu hotel yang mengeluhkan kondisi kamarnya. Tanpa kerja sama tim yang baik, tidak akan pernah ada layanan berkualitas yang dapat diberikan kepada pengunjung.

3. Kamu bisa terima kritik tanpa ‘baper’

Sebagai industri yang mengutamakan kepuasan pelanggan, kamu dituntut untuk selalu bersikap profesional, termasuk saat menghadapi kritik. Tidak jarang, dalam perjalanan karier di masa depan, kamu sesekali akan menerima keluhan, kritik, atau bahkan cacian dari para pelanggan.

Meski begitu, hal ini bukanlah alasan yang bisa mengizinkanmu untuk berperilaku tidak sopan. Bukan pula alasan sebagai perusak mood kerja. Karenanya, kamu harus mampu menjadikan kritik sebagai salah satu masukan yang dapat menunjang pekerjaan, dan tidak ‘baper’ alias terbawa perasaan.

4. Kamu punya manajemen waktu yang baik

Bekerja di industri pariwisata akan menghadapkanmu pada beban kerja yang berlebih di waktu-waktu tertentu. Tak jarang, beban kerja ini harus diselesaikan dalam satu waktu sekaligus. Demi mendapatkan hasil yang maksimal, kamu harus melengkapi diri dengan pengelolaan waktu yang baik.

Multitasking pun menjadi poin penting yang harus kamu perhatikan. Selain itu, pastikan pula kamu mampu mengontrol emosi ketika menghadapi pekerjaan berat.

5. Kamu senang memikirkan strategi dan inovasi

Demi kelancaran sebuah usaha, dibutuhkan langkah-langkah strategis agar bisnis dapat bertahan dan berkembang. Ditambah lagi, ketatnya persaingan di industri pariwisata menuntutmu untuk menghadirkan inovasi dari waktu ke waktu.

Tentunya, strategi dan inovasi yang baik tidak dapat dihasilkan dalam waktu yang cepat. Dibutuhkan proses dan pengalaman yang akan membentuk daya pikir dan kreativitasmu.

6. Piawai di pelayanan

Industri pariwisata tentu tak bisa lepas dari layanan yang diberikan kepada konsumen. Di mana pun tempat kerja, apapun beban kerjanya, pastikan kamu selalu melayani dengan sepenuh hati. Hal ini menjadi prinsip yang harus dipegang oleh setiap pegiat di industri pariwisata, sehingga pelanggan memperoleh pengalaman yang baik dan menjadi konsumen loyal.

Itu dia beberapa tanda yang bisa mengindikasikan bahwa kamu cocok jadi mahasiswa di Jurusan Pariwisata. Coba tanyakan dan periksa pada diri sendiri, apa sudah sesuai atau belum? Jika beberapa poin belum sesuai, lantas bersediakah kamu untuk melatih diri? (*)

Pewarta : Dody Bayu Prasetyo
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.