Wisata

Usai Nyoblos, Gratis Masuk Wisata Gunung Kelud dan Besuki Kediri

Rabu, 14 Februari 2024 - 05:10
Usai Nyoblos, Gratis Masuk Wisata Gunung Kelud dan Besuki Kediri Gunung Kelud Kabupaten Kediri (foto: Instagram/@kabupatenkediriku)

TIMES BANYUWANGI, KEDIRI – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri memberikan akses masuk gratis di dua destinasi wisata bagi para pengunjung yang telah memberikan hak pilihnya pada Pemilu 2024. Kedua destinasi tersebut adalah wisata Gunung Kelud dan Kawasan Wisata Besuki

Untuk bisa masuk gratis, pengunjung tinggal menunjukkan bukti telah berpartisipasi dalam Pemilu 2024, yakni dengan memperlihatkan jari yang telah tercelup tinta Pemilu 2024. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kediri Adi Suwignyo melalui Kepala Bidang (Kabid) Pengembangan Destinasi Wisata Sabila Rosad menuturkan gratis masuk tempat wisata ini dilakukan untuk mensukseskan dan mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 2024. 

"Setelah melakukan pemilihan dan memperlihatkan jari tercelup tinta, masyarakat bebas masuk di dua tempat wisata tersebut,"ujarnya Selasa, (13/02/2024).  

Harga tiket masuk (HTM) Gunung Kelud dibandrol Rp10.000 per orang, sedangkan HTM wisata Besuki Kediri pada hari biasa Rp6.000 dan weekend Rp7.000. Kedua tempat wisata tersebut dibuka mulai pukul 07.00 pagi hingga 18.00 sore. "Untuk Gunung Kelud kebetulan bertepatan dengan peringatan 10 tahun erupsi tahun 2014," tambahnya. 

Masuk gratis dua tempat wisata tersebut tidak hanya berlaku bagi masyarakat Kabupaten Kediri, tapi juga masyarakat luar Kabupaten Kediri. Dengan ketentuan serupa, harus memperlihatkan bukti partisipasi dalam Pemilu 2024. "Full berlaku selama sehari itu," ujarnya lagi. 

Di kawasan Wisata Besuki terdapat beberapa objek wisata diantaranya Air Terjun Irenggolo, Air Terjun Dolo, Kelok Sembilan serta Gazebo Wilis. Selain itu ada kuliner khas Kediri Tiwul Goreng. "Udara Besuki masih sejuk. Landscape pemandangannya juga cantik," tuturnya. 

Gunung Kelud dan Kawasan Wisata Besuki merupakan dua destinasi wisata utama Kabupaten Kediri. Pada momen Natal dan Tahun Baru lalu, kedua tempat tersebut jadi favorit wisatawan. Selama 2023, sampai tanggal 28 Desember tercatat ada 144.165 pengunjung berlibur di Besuki, selisih tipis dengan pengunjung Kelud yang sebanyak 147.492 orang.  

Jumlah itu meningkat dari tahun 2022 dimana ada 114.816 pengunjung yang datang ke Besuki dan 129.632 wisatawan ke Gunung Kelud. (*)

Pewarta : Yobby Lonard Antama Putra
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.