Hukum dan Kriminal

Jaga Keamanan dan Stabilitas Papua, Polri Perpanjang Operasi Damai Cartenz

Rabu, 10 Januari 2024 - 14:07
Jaga Keamanan dan Stabilitas Papua, Polri Perpanjang Operasi Damai Cartenz Satgas Operasi Damai Cartenz mengevakuasi warga Kampung Alama Nduga, Papua Pegunungan,di Bandara Timika, Papua Tengah, Papua, Senin (20/02/2023). (FOTO: ANTARA FOTO/Sakti Karuru)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) secara resmi mengumumkan perpanjangan pelaksanaan Operasi Damai Cartenz sebagai bagian dari komitmen mereka dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Papua.

Kepala Operasi Damai Cartenz, Kombes Pol. Faizal Ramadhani, menyampaikan bahwa perpanjangan masa operasi ini berlangsung mulai tanggal 1 Januari hingga 31 Desember 2024.

Dalam keterangan resminya Rabu, (10/1/2024) di Jakarta, Faizal menegaskan pendekatan yang diterapkan dalam Operasi Damai Cartenz tahun 2024 ini, konsisten dengan pola kerja tahun-tahun sebelumnya.

"Operasi Damai Cartenz 2024 tetap memiliki fokus utama pada penegakan hukum terhadap Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) dan Kelompok Kriminal Politik (KKP) di Papua," kata Faizal.

Operasi Damai Cartenz 2024 melibatkan beberapa fungsi, termasuk pembinaan masyarakat, deteksi, dan hubungan masyarakat, yang didukung oleh satuan tugas penegakan hukum. Sasaran operasi mencakup wilayah Provinsi Papua Tengah dan Papua Pegunungan, dengan fokus pada sembilan kabupaten, yaitu Pegunungan Bintang, Yahukimo, Mimika, Intan Jaya, Dogiyai, Puncak, Nduga, Jaya Wijaya, dan Jayapura.

Kasatgas Humas Ops Damai Cartenz 2024, AKBP Bayu Suseno, menambahkan bahwa fokus operasi tahun ini tetap pada penegakan hukum terhadap KKB dan KKP. Ia juga menyebutkan tantangan yang masih dihadapi, termasuk kasus penyanderaan Pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens, oleh Pimpinan KKB Nduga, Egianus Kogoya.

Dia berharap, dengan perpanjangan Operasi Damai Cartenz ini, situasi keamanan di Papua dapat terus ditingkatkan, dan upaya penegakan hukum terhadap kelompok kriminal bersenjata dan politik dapat menciptakan Papua yang lebih aman dan damai.

Operasi Damai Cartenz memanfaatkan upaya hard approach yang menjunjung tinggi Hak Asasi Manusia (HAM) dalam menanggulangi gangguan KKB, KKP, dan jaringannya. Selama tahun 2023, berhasil dilumpuhkan 19 orang KKB, 124 orang dilakukan penegakan hukum, termasuk 25 orang pada tahap P-21 (berkas perkara lengkap), 34 orang pada tahap penyidikan, dan 65 orang pada tahap penyelidikan.

Dalam Operasi Damai Cartenz tersebut, Satgas Damai Cartenz 2023 berhasil mengamankan 32 pucuk senjata, 1.279 butir peluru, 25 magasin, 107 alat komunikasi, 31 senjata tajam, dan 334 barang bukti lainnya. Satgas juga berhasil menduduki 47 titik markas KKB selama tahun 2023.(*)

Pewarta : Antara
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.