Ekonomi

Masuk Pasar Modern, Kue Bolu dan Keciput Banyuwangi Laris Manis

Rabu, 07 April 2021 - 15:30
Masuk Pasar Modern, Kue Bolu dan Keciput Banyuwangi Laris Manis Kue Keciput. (Foto: Nusadaily)

TIMESINDONESIA, BANYUWANGI – Produk kue Bolu dan keciput, ternyata juga mampu bersaing di pasar modern. Terbukti, makanan tradisional dari Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tersebut laris manis di pasar modern Indomaret.

Hal ini disampaikan Pembina Asosiasi Aksesoris, Kerajinan, Kaos, Kuliner, Batik, Banyuwangi (Akrab), Eko Hariyono.

"Kue Bolu dan Keciput kita suplai ke 5 gudang Indomaret di Jawa Timur, Banyuwangi, Jember, Malang, Surabaya, Gresik dan Jombang," katanya, Rabu (7/4/2021).

KUE B

Pria yang juga kordinator produk UMKM kue tradisional Banyuwangi, untuk penjualan di Pasar Modern Indomaret ini menyebut bahwa per minggu melayani lebih dari 2 kali pengiriman. Dengan omzet per kiriman di atas Rp 100 juta.

Kue Bolu dan Keciput yang dipasarkan, masih Eko, adalah produk pelaku UMKM anggota dari Asosiasi Pangan Olahan Banyuwangi (Aspoba). Maka jangan heran, seluruh kemasan diberi merek Aspoba.

"Sebenarnya bukan hanya gudang Indomaret di Jawa Timur, saja yang minta. Gudang di Jawa Tengah, Jawa Barat, Jakarta dan Sumatera, juga minta kiriman kue Bolu dan Keciput," ungkap pemilik Home Industri 'Harum Jaya' di Jalan Ikan Arwana 18 A, Kelurahan Kertosari, Banyuwangi, ini.

Tapi karena jarak yang terlalu jauh, maka permintaan tersebut belum dilayani. Lantaran membengkak dalam biaya pengiriman.

Dijelaskan, omzet penjualan kue Bolu dan Keciput produk UMKM Aspoba Kabupaten Banyuwangi, di pasar Modern Indomaret per tahun mencapai Rp 3 Miliar. Belum termasuk produk kue Bagiak. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.