https://banyuwangi.times.co.id/
Ekonomi

Aston Banyuwangi Optimistis Bangkit di Tengah Badai Ekonomi Efisiensi Anggaran

Rabu, 23 April 2025 - 13:41
Aston Banyuwangi Optimistis Bangkit di Tengah Badai Ekonomi Efisiensi Anggaran Gedung Aston Banyuwangi Hotel & Conferece Center terpampang mentereng di tengah Kota Banyuwangi. (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia).

TIMES BANYUWANGI – Dampak adanya efisiensi anggaran dari pemerintah pusat turut menyeret sektor perhotelan di Banyuwangi, Jawa Timur, ke dalam pusaran tantangan ekonomi. Hal ini akibat pemangkasan anggaran perjalanan dinas dan kegiatan pemerintah lainnya. 

Namun, di tengah kondisi yang kurang menggembirakan ini, secercah optimisme terpancar dari Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center. 

Catur-Rahmadi.jpgGM Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center,  Catur Rahmadi, A.md. Par S.M.  (Foto: Fazar Dimas/TIMES Indonesia). 

Di bawah kepemimpinan Catur Rahmadi, A.md. Par S.M, hotel bintang empat ini yakin mampu bertahan dan bahkan bangkit dari badai ekonomi yang menerpa.

“Kami tidak menutup mata atas realita yang ada. Tapi menyerah bukan pilihan,” ujar Catur kepada TIMES Indonesia, Rabu, (23/4/2025). 

Keyakinan kuat ini bukanlah isapan jempol belaka. Pria kelahiran 1976 ini memang bukan orang baru di dunia perhotelan. Dengan memiliki jam terbang tinggi dan pengalaman panjang di berbagai kota besar, Catur mampu membawa perspektif segar dan strategi jitu dalam mengelola hotel di masa sulit.

Terbukti, alumnus Gemological Institute of America, California, Amerika Serikat, tersebut juga kaya akan penghargaan bergengsi. Diantaranya, Food & Beverage Expert, Wine Sommelier Expert dan hotel dengan pemasaran terbaik di Banyuwangi.

Maklum, sejak awal karier, pria kelahiran Balikpapan ini  memang sudah melalang buana di dunia food and beverage. Alhasil, dia mendapatkan puluhan sertifikasi dari Bar, Operasional, hingga Manajerial.

Salah satu langkah inovatif yang diterapkan adalah memaksimalkan diversifikasi pasar selain pemerintahan, yakni dari perusahaan swasta dan travel agent yang membawa grup dengan keuntungan tambahan berupa layanan laundry gratis. 

Strategi ini diharapkan dapat menarik kembali minat para pelaku bisnis dan wisatawan yang melakukan perjalanan dalam rombongan besar. 

"Kami menyadari bahwa di tengah efisiensi anggaran, setiap benefit tambahan akan sangat berarti bagi para tamu kami," ungkap Catur.

Tidak hanya berfokus pada kenyamanan tamu, Aston Banyuwangi juga menunjukkan komitmennya dalam mendukung produk-produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal. 

Sebagai wujud dukungan tersebut, Aston Banyuwangi memberikan promo bundling kamar dengan produk oleh-oleh khas Banyuwangi kepada segmen tamu travel agent dan Corporate yang menginap. Langkah ini tidak hanya memberikan nilai tambah bagi para tamu, tapi juga turut mempromosikan kekayaan budaya dan produk unggulan daerah.

Namun dibalik strategi-strategi inovatif tersebut, Catur mengakui perjuangan untuk bertahan bukan tanpa tekanan. Sebagai pemegang tongkat komando di Aston Banyuwangi dia harus berpikir lebih keras dan kreatif dalam mempertahankan operasional hotel. 

"Kami harus memutar otak, mencari cara-cara baru untuk menarik tamu dan mengoptimalkan setiap sumber daya yang ada," terangnya.

Ketika banyak pelaku usaha memilih langkah konservatif, Aston Banyuwangi justru tampil dengan pendekatan progresif. Dalam dunia bisnis yang penuh ketidakpastian, keberanian untuk terus berinovasi menjadi kunci. 

Catur menekankan, bahwa keberlangsungan hotel ini bukan hanya soal bisnis semata, tapi juga tentang bagaimana menjaga harapan banyak pihak yang bergantung pada Aston Banyuwangi.

Dengan semangat pantang menyerah dan strategi inovatif, kolaboratif yang diterapkan, Aston Banyuwangi menunjukkan tekad yang kuat untuk tidak hanya bertahan, tapi juga bisa menjadi momentum untuk tumbuh dan membuktikan kapasitas diri.

“Badai pasti berlalu. Yang penting kita tetap bergerak,” tegas General Manager (GM) Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center,  Catur Rahmadi, A.md. Par S.M. 

Sekedar diketahui, Aston Banyuwangi merupakan salah satu jaringan hotel bertaraf internasional yang memiliki 123 kamar dengan berbagai tipe, termasuk Premier, Premier Plus, Family Deluxe, Junior, dan ASTON Suite Room. 

Selain itu, tersedia juga empat outlet kuliner yang menggoda selera, yaitu Royal Jade Chinese Restaurant, Moxie Coffee and Eatery, Sukamade Restaurant, dan La Patisserie Cake Shop.

Menariknya, di setiap sudut di Aston Banyuwangi Hotel & Conference Center dirancang instagramable, menjadikannya tempat yang wajib dikunjungi. Dengan fasilitas lengkap, layanan prima, dan lokasi strategis, Aston Banyuwangi siap memberikan pengalaman menginap yang luar biasa bagi semua tamu. (*)

Pewarta : Fazar Dimas Priyatna
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.