Berita

Borong Pahala di Malam ke-24 Ramadan, Bebas Api Neraka dan 24 Doa Dikabulkan

Rabu, 03 April 2024 - 18:02
Borong Pahala di Malam ke-24 Ramadan, Bebas Api Neraka dan 24 Doa Dikabulkan Ilustrasi seorang Muslimah berdoa di malam ke-24 Ramadan. (FOTO: Akademi AI/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Bulan Ramadan telah memasuki fase 10 hari terakhir, fase penuh berkah dan keistimewaan. Di antara malam-malam istimewa di 10 hari terakhir ini, terdapat Malam ke-24 Ramadan yang menyimpan banyak keutamaan.

Fase 10 hari terakhir Ramadan, sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits dari Salman, merupakan periode pembebasan dari api neraka:

فقد روي من حديث سلمان: وهو شهر أوله رحمة وأوسطه مغفرة وآخره عتق من النار. 
 (رواه ابن خزيمة في صحيح 1887 وقال: إن صح. والبيهقي في شعب الإيمان)

Artinya: "Telah diriwayatkan dari Salman bahwa awal Bulan Ramadhan adalah rahmat, di pertengahannya ampunan dan di ujungnya pembebasan dari api neraka." (Diriwayatkan Imam Baihaqi dalam Kitab Syu'bul Iman).

Di antara keistimewaan Malam ke-24 Ramadan adalah kesempatan untuk mendapatkan 24 doa yang mustajab. Hal ini dijelaskan dalam Kitab Durrotun Nashihin:

وفى الليلة الرابعة والعشرين كان له اربع وعشرون دعوة مستجابة

Artinya: "Pada malam yang ke-24, orang yang tarawih akan memperoleh 24 doa yang mustajab atau manjur."

Oleh karena itu, marilah kita manfaatkan momen istimewa ini dengan menghidupkan malam Ramadan dengan berbagai ibadah, seperti sholat tarawih, witir, dan tahajud. Perbanyaklah doa dan mohonlah ampunan kepada Allah SWT.

Malam ke-24 Ramadan merupakan kesempatan emas untuk meraih pahala dan keutamaan yang berlimpah. Janganlah kita sia-siakan momen istimewa ini. (*)

Pewarta : Yusuf Arifai
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.