Berita

Lewat Bestee, BTPN Syariah Terus Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat Inklusi

Selasa, 13 Februari 2024 - 10:13
Lewat Bestee, BTPN Syariah Terus Berjuang untuk Kesejahteraan Masyarakat Inklusi Pertemuan rutin sentra nasabah prasejahtera BTPN Syariah. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)Foto BFachmy Achmad, Direktur BTPN Syariah. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sejak awal tahun 2023, BTPN Syariah secara konsisten memperkuat kapasitas masyarakat inklusi, memastikan nasabah tetap tumbuh di tengah kondisi yang masih menantang. Melalui program-program inovatif seperti Bestee, BTPN Syariah terus memberikan akses pengetahuan dan pendampingan bagi segmen ultra mikro, membantu mereka meraih kesuksesan dalam berwirausaha.

Fachmy Achmad, Direktur BTPN Syariah, mengungkapkan bahwa program Bestee telah berhasil memberdayakan ibu-ibu nasabah melalui pendampingan yang melibatkan ribuan mahasiswa.

Fachmy-Achmad.jpgFachmy Achmad, Direktur BTPN Syariah. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

"Sejauh ini, sudah lebih dari 49 ribu ibu-ibu nasabah yang mendapatkan pendampingan dari 1.821 mahasiswa dalam memajukan usahanya di lebih dari 827 kecamatan di Indonesia," ungkap Fachmy Achmad, Selasa (13/2/2024).

Selain program Bestee, Bank juga memberikan berbagai insentif bagi nasabah yang rutin menghadiri Pertemuan Rutin Sentra (PRS), sebagai bagian dari upaya untuk menjaga agar masyarakat inklusi tetap tumbuh dan berkembang.

Berdasarkan hasil survei Poverty Probability Index (PPI) terhadap nasabah yang sudah bergabung dalam lima tahun terakhir, tercatat bahwa jumlah keluarga yang memiliki tempat tinggal layak meningkat menjadi 94,6%, memiliki toilet layak meningkat menjadi 85,3%, serta jumlah keluarga dengan anak bersekolah terus meningkat menjadi 92,5%. Tak hanya itu, survei Lembaga Demografi Universitas Indonesia (LDUI) menunjukkan bahwa nasabah BTPN Syariah mengalami penurunan kemiskinan ekstrem sebesar 7,4% setelah 3 tahun menjadi nasabah. Ini menandakan bahwa program-program pemberdayaan yang dilakukan oleh Bank telah memberikan dampak positif yang signifikan bagi masyarakat inklusi.

Meskipun masih dalam kondisi pemulihan pasca pandemi COVID-19, BTPN Syariah berhasil mencatatkan laba bersih sebesar Rp1,08 triliun sepanjang tahun 2023, dengan rasio keuangan yang sehat dan kuat. Bank juga terus menyalurkan pembiayaan untuk masyarakat inklusi sebesar Rp11,38 triliun, menunjukkan komitmen yang kuat dalam mendukung pertumbuhan ekonomi mereka.

BTPN Syariah, sebagai satu-satunya bank syariah yang fokus pada memberdayakan masyarakat inklusi, terus menjalankan misinya dengan penuh semangat. Melalui program Bestee dan upaya-upaya lainnya, Bank tidak hanya menjadi institusi keuangan, tetapi juga mitra bagi masyarakat dalam mewujudkan hidup yang lebih baik dan berdaya.

Dengan komitmennya yang terus berlanjut, BTPN Syariah telah membuktikan bahwa inklusi keuangan bukan hanya tentang memberikan layanan, tetapi juga tentang memberikan kesempatan dan harapan bagi mereka yang membutuhkannya.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.