Berita

PT BSI Dukung Akses Kesehatan di Wilayah Terpencil Banyuwangi

Jumat, 09 Februari 2024 - 16:19
PT BSI Dukung Akses Kesehatan di Wilayah Terpencil Banyuwangi Prosesi penyerahan ambulans oleh PT Bumi Suksesindo kepada Puskesmas Sumberagung, Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto: Syamsul Arifin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – PT Bumi Suksesindo (PT BSI)  mengambil langkah proaktif dalam mendukung akses kesehatan di wilayah terpencil Kabupaten Banyuwangi. Tebaru, sebuah ambulans diserahkan kepada Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran.

Bantuan ambulans tersebut menjadi salah satu bagian integral dari program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) yang dicanangkan PT BSI di sektor kesehatan. Penyerahan ambulans dilakukan dalam rangkaian acara lepas pisah Kepala Puskesmas Sumberagung, Sugiyanto, S.Kep.Ns., yang akan dipindahkan ke Desa Grajagan, Purwoharjo, Banyuwangi.

Desa Sumberagung, memiliki cakupan wilayah yang luas, mencakup tiga wilayah dengan total area mencapai 753,08 km2. Wilayah ini termasuk dalam kategori sulit dijangkau karena kondisi jalannya yang terjal, terutama di Dusun Sumberdadi, Sumberbopong, dan Sukamade. Melihat kondisi yang demikian, terpampang jelas kebutuhan mendesak akan ambulans sebagai salah satu penunjang utama kelancaran layanan kesehatan di wilayah terpencil tersebut.

"Saya sangat mengapresiasi kontribusi besar PT BSI dalam sektor kesehatan, terutama melalui pembangunan Puskesmas Pembantu (Pustu) Pancer dan pemberian bantuan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) yang telah secara signifikan berdampak positif pada penurunan angka stunting di Kecamatan Pesanggaran," ujar Sugiyanto dalam sambutannya, Jumat (9/2/2024).

Selaras dengan Sugiyanto, Camat Pesanggaran, R. Agus Mulyono, M.Si., juga menegaskan bahwa sinergi yang baik antara perusahaan, pemerintah, dan masyarakat dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sangat banyak memberikan manfaat. Hasil kerjasama ini terlihat dari peningkatan taraf kesehatan di Pesanggaran, di mana angka kematian ibu melahirkan pada tahun 2023 mencapai nol persen.

"Kerjasama yang solid ini tidak hanya memberikan manfaat, tetapi juga menghasilkan dampak yang nyata,” ujar Agus.

Prosesi penyerahan dimulai dengan penandatanganan surat penyerahan, kemudian, tim Puskesmas dengan teliti melakukan uji coba dan pemeriksaan menyeluruh terhadap semua fasilitas ambulans yang baru tiba.

Kepala Puskesmas baru, dr. Roni Satriyo, dengan antusias menyambut bantuan armada tersebut.

"Saya percaya bahwa ambulans ini akan menjadi penolong utama dalam menyelamatkan nyawa dan meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat terpencil," ungkap dr. Roni Satriyo.

“Ambulans ini akan sangat membantu menjaga kesehatan dan kesejahteraan warga Sumberagung,” imbuhnya.

Inisiatif anak perusahaan PT Merdeka Copper Gold Tbk (PT MCG)  ini bukan hanya sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, tetapi juga sebagai upaya nyata dalam memperbaiki akses terhadap layanan kesehatan di wilayah terpencil sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.