https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Bupati Banyuwangi Dorong Peran Notaris Wujudkan Pembangunan Daerah Berkelanjutan

Kamis, 04 Juli 2024 - 11:03
Bupati Banyuwangi Dorong Peran Notaris Wujudkan Pembangunan Daerah Berkelanjutan Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas saat foto bersama Pengurus Daerah Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia (INI), yang dilaksankan di Pendopo Sabha Swagata Banyuwangi. (Foto: Humas Pemkab Banyuwangi for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, mengatakan selain peran pentingnya di bidang hukum, notaris juga menjadi mitra strategis pemerintah daerah dalam membangun Banyuwangi, Serta untuk menciptakan iklim investasi daerah yang kondusif sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, Kamis (4/7/2024).

“Notaris memiliki tanggung jawab besar memastikan legalitas dokumen dalam berbagai transaksi baik terkait pertanahan dan yang lainnya. Dengan legalitas yang terjamin setiap transaksi dapat berjalan dengan lancar dan aman sehingga kepercayaan masyarakat dan investor terhadap daerah akan semakin meningkat,” kata Ipuk

Peran notaris dalam memastikan legalitas dokumen juga sangat erat dengan upaya melindungi masyarakat dari pemalsuan dan penipuan. Selama ini masih terjadi sengketa lahan karena adanya double akte dokumen kepemilikan yang sangat merugikan warga.

Bupati-Banyuwangi-4.jpg

“Kami berharap notaris menjadi garda terdepan dalam melindungi masyarakat Banyuwangi terutama yang lemah agar hak-hak mereka tidak diambil oleh orang yang tidak bertanggung jawab,” tambah Ipuk.

Dalam Pelantikan Pengurus Daerah Banyuwangi Ikatan Notaris Indonesia (INI), dilaksankan di Pendopo Sabha Swagata, Kemarin, Rabu (3/7/2024).

Orang nomor satu di Bumi Blambangan ini juga mengajak para notaris untuk berkolaborasi dengan pemerintah untuk mendukung pembangunan daerah. Diantaranya memberikan pendampingan kepada UMKM agar memiliki legalitas yang kuat, memberikan edukasi hukum bagi masyarakat dan juga pemerintah tentang pentingnya legalitas dokumen dan prosedur hukum.

Dalam kesempatan itu, Zulham Efendi dilatik sebagai Ketua PD Banyuwangi INI periode 2023 hingga 2026. Pengukuhan tersebut turut dihadiri Kepala Kantor Pertanahan Banyuwangi Machfoed Effendi dan perwakilan Ketua Pengurus Wilayah Jawa Timur Ikatan Notaris Indonesia Isy Karimah Syakir. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.