Berita

Belum Punya Acara? Ini Rekomendasi Event Seru Akhir Pekan di Banyuwangi

Sabtu, 24 Februari 2024 - 09:54
Belum Punya Acara? Ini Rekomendasi Event Seru Akhir Pekan di Banyuwangi Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, mengunjungi Pecinan Street Food. (Foto: Laila Yasmin/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Akhir pekan ini, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggelar Festival Pecinan yang di "Pecinan Street Food", kawasan Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Hoo Tong Bio, Kecamatan Banyuwangi. Festival yang berlangsung selama tiga hari, mulai tanggal 23 hingga 25 Februari 2024 ini menawarkan serangkaian atraksi seni dan ragam kuliner khas Tionghoa yang unik dan menarik.

Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani, menyatakan bahwa Festival Pecinan merupakan salah satu bagian penting dari Banyuwangi Festival (B-Fest), yang memperlihatkan keragaman etnis serta keramahan masyarakat Banyuwangi.

"Festival Pecinan menjadi salah satu event penting dalam Banyuwangi Festival. Menunjukkan bagaimana keguyuban dan keramahan semua etnis yang ada di Banyuwangi," ujar Bupati Ipuk, Sabtu (24/2/2024).

Para pengunjung Festival Pecinan dapat menjelajahi beragam kuliner khas Negeri Tirai Bambu, seperti nasi ayam Hainan, bebek dan ayam Peking, dimsum, kwetiau, dan masih banyak lagi.

Tidak hanya itu, tersedia pula berbagai jajanan tradisional seperti bakpao, kue keranjang, bakcang, burger Shanghai, dan masih banyak lagi. Semua hidangan yang disajikan telah bersertifikasi halal, memastikan kepuasan bagi setiap pengunjung.

Sambil menikmati lezatnya sajian kuliner, pengunjung dapat pula menikmati atraksi seni yang memukau dengan nuansa Imlek. Mulai dari tari barongsai, seni bela diri wushu, dan berbagai pertunjukan menarik lainnya akan memecahkan suasana Festival Pecinan.

Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Banyuwangi, M. Lutfi, menegaskan bahwa seluruh hidangan yang disajikan dalam festival telah mendapatkan sertifikasi halal dari Kementerian Agama (Kemenag).

Selain itu, UMKM yang terlibat dalam festival terus mendapatkan pendampingan dari asosiasi chef Banyuwangi.

"Festival ini setiap harinya akan dimulai pukul 16.00-22.00," ungkap Lutfi.

Tidak hanya itu, bagi para pecinta barang antik, Festival Pecinan juga akan menyajikan pameran dan bazar barang antik, sebagian besar berasal dari peninggalan China. Sebuah kesempatan langka untuk mengeksplorasi dan memperoleh barang-barang bersejarah yang memikat.

Jadi, jangan lewatkan kesempatan ini untuk merasakan kehangatan dan kelezatan di Festival Pecinan Banyuwangi! Segera catat tanggalnya dan datang bersama keluarga serta teman-teman untuk menikmati serunya acara ini.(*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.