Berita

Petugas Haji Disiapkan di Bandara Madinah Sambut Jemaah

Selasa, 23 Mei 2023 - 20:45
Petugas Haji Disiapkan di Bandara Madinah Sambut Jemaah Kepala Daker Bandara, Haryanto. (Foto: MCH 2023)

TIMES BANYUWANGI, MADINAH – Pada Rabu, 24 Mei 2023, jemaah haji 2023 asal  Indonesia mulai mendarat di Bandara Amir Muhammad bin Abdul Aziz (AMAA) Madinah. Sebanyak 16 kloter dijadwalkan tiba pada hari pertama kedatangan.

Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, Daker Bandara telah menempatkan petugas di setiap terminal kedatangan jemaah untuk memastikan segala keperluan mereka terpenuhi.

"Fase kedatangan gelombang pertama di Madinah segera dimulai. Kami akan menyiapkan petugas di seluruh tempat di bandara Madinah untuk menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia," ungkap Kepala Daker Bandara, Haryanto, saat memimpin timnya dalam orientasi lapangan di Bandara AMAA Madinah pada Selasa (23/5/2023).

Haryanto menjelaskan bahwa di Bandara AMAA Madinah terdapat empat terminal kedatangan jemaah haji Indonesia, yaitu terminal Fast Track, terminal Zero, terminal Haji, dan terminal Internasional.

Berdasarkan jadwal rencana perjalanan ibadah haji 1444 H/2023 M, terdapat total 6.383 jemaah yang akan tiba di Madinah pada hari pertama. Jemaah-jemaah tersebut terbagi dalam 16 kelompok terbang atau kloter.

"Kloter pertama terdiri dari 393 jemaah. Mereka diberangkatkan dengan Garuda Indonesia dari embarkasi Jakarta - Pondok Gede dan akan mendarat di bandara AMAA melalui terminal Fast Track," jelasnya.

Terminal Fast Track tahun ini menjadi layanan khusus bagi jemaah haji Indonesia yang terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Proses imigrasi telah dilakukan sejak di Tanah Air, sehingga ketika tiba di Bandara AMAA Madinah, jemaah langsung diarahkan menuju bus untuk diantarkan ke hotel.

"Setelah turun dari pesawat, jemaah yang melalui terminal Fast Track dan terminal Zero tidak diarahkan menuju ruang tunggu Plaza atau paviliun. Namun, di terminal Zero, jemaah tetap melewati pemeriksaan imigrasi dan bea cukai terlebih dahulu," tambahnya.

Haryanto menegaskan bahwa seluruh petugas PPIH Daker Bandara siap menyambut kedatangan jemaah haji Indonesia mulai tanggal 24 Mei dan seterusnya. Mereka akan memberikan bantuan dan pelayanan yang diperlukan untuk memastikan ibadah haji 2023 berjalan lancar dan nyaman bagi para jemaah.

Kedatangan jemaah haji 2023 asal Indonesia di Madinah menjadi momen penting dalam perjalanan mereka dalam menjalankan ibadah haji. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.