Berita

PDIP Bantul Persiapkan Pemakaman Muhammad Prakosa

Kamis, 19 Januari 2023 - 19:41
Jenazah Dubes RI Muhammad Prakosa Dimakamkan di Bantul Persiapan pengamanan di rumah duka. (Foto: Humas Polsek Bambanglipuro)

TIMES BANYUWANGI, YOGYAKARTA – Jenazah Duta besar (Dubes) RI untuk Italia Muhammad Prakosa, menurut rencana akan dimakamkan di kampung halamannya Padukuhan Gersik RT 03, Kalurahan Sumbermulyo, Kapanewon Bambanglipuro, Bantul. Kepastian ini disampaikan Ketua DPRD Bantul Hanung Raharjo di ruang kerjanya, Kamis (19/1/2023).

Hanung Raharjo memastikan, jajaran DPC PDI Perjuangan Bantul langsung berkoordinasi dengan pihak keluarga. Setelah menerima kabar meninggalnya mantan Menteri Pertahanan pada era presiden Megawati Soekarnoputri ini PDIP Bantul berkoordinasi untuk memberikan fasilitas mulai dari persiapan pemakaman hingga 7 hari setelah pemakaman.

Pemberian fasilitas ini, sebagai bentuk penghormatan atas jasa-jasa beliau. Baik sebagai kader PDI Perjuangan maupun pejabat negara melalui sumbangsih tenaga dan pikiran, untuk kemajuan bangsa dan negara. Seperti pada bidang kehutanan, pangan dan pertanian.

"Fasilitas yang diberikan sudah sesuai dengan protokol partai," tegas Hanung Raharjo yang juga menjabat sebagai Sekertaris DPC PDI Perjuangan Bantul.

Sejak kabar duka diterima jajaran PDI Perjuangan Bantul, secara bergiliran pengurus berjaga di rumah duka. Tidak terkecuali pimpinan DPC PDI Bantul yang mengecek langsung kesiapan proses pemakaman.

Untuk memastikan proses pemakaman dapat berjalan lancar, jajaran DPC PDI Perjuangan Bantul terus berkoordinasi dengan DPD PDI Perjuangan DIY dan DPP PDI Perjuangan RI. Terkait dengan proses penjemputan jenazah dari bandara, serta proses pemakaman almarhum di tanah kelahirannya.

Terkait dengan tokoh-tokoh nasional yang akan menghadiri pemakaman, Hanung Raharjo mengaku belum terdapat informasi yang pasti. Sebab hingga saat ini, belum terdapat kabar pasti kedatangan jenazah dari Italia. Kabar terakhir dari keluarga di Italia, jenazah dalam proses pengawetan sebelum diterbangkan ke Indonesia.

Kapolsek Bambanglipuro Bantul AKP Khabibullah mengatakan, pengamanan proses pemakaman sudah mulai dilakukan. Meski saat ini jenazah masih berada di Italia, serta diperkirakan baru tiba di Bantul, Sabtu 21 Januari 2023.

Jajaran Polsek Bambanglipuro Bantul hanya akan melakukan pengamanan saat jenazah sudah tiba di rumah duka. Hingga pemakaman di makam keluarga di belakang rumah duka. Sedangkan pengamanan proses penjemputan jenazah dari bandara hingga rumah duka menjadi wewenang Polres Bantul dan Polda DIY.

Profil Muhammad Prakosa

Muhammad Prakosa wafat di Roma Italia, Selasa 17 Januari 2023. Mantan Menteri Pertanian pada era Presiden Abdurrahman Wahid (Gusdur) ini tutup usia pada umur 62 tahun. Almarhum meninggal dunia pukul 10.55 waktu setempat, di Sacro Cuore Roma Italia.

Selain pernah menjabat duta besar dan menteri, beberapa jabatan juga pernah diemban lulusan Fakultas Kehutanan UGM. Muhammad Prakosa sempat menjadi Wakil Kepala perwakilan FAO di Jakarta serta anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan dan Anggota Badan Litbang DPP PDI Perjuangan. (*)

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.