Wisata

Wow, Pengunjung Destinasi Wisata di Banyuwangi Tembus 22 Ribu dalam Sepekan

Selasa, 05 Oktober 2021 - 18:18
Wow, Pengunjung Destinasi Wisata di Banyuwangi Tembus 22 Ribu dalam Sepekan Wisatawan saat berkunjung di Kawah Ijen Banyuwangi. (FOTO: Almas Putri Muslimah For TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Pasca dibukanya kembali 35 destinasi wisata di Kabupaten Banyuwangi, dalam sepekan jumlah wisatawan sudah mencapai hingga 22.000 pengunjung.

Dari total 64 destinasi yang ada, 35 tempat wisata yang dibuka tersebut sudah memiliki standar penerapan protokol kesehatan yang baik.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banyuwangi (Disbudpar Banyuwangi) M Yanuarto Bramuda mengatakan, sejak awal dibuka hari Jumat 10 September 2021 lalu masyarakat di Bumi Blambangan sudah memiliki antusiasme yang tinggi untuk berkunjung ke tempat wisata.

Bahkan dalam tiga pekan terakhir ini, Banyuwangi mengalami kenaikan wisatawan yang cukup siginifikan.

Pantai-Wisata-Banyuwangi.jpg

"Pekan pertama dibuka, jumlah pengunjung obyek wisata mencapai 6.000 orang. Pekan kedua meningkat menjadi 15.000 dan di minggu ketiga ini sudah mencapai 22.000 kunjungan dalam sepekan," ungkap Bramuda, Selasa (5/10/2021).

Tak hanya adanya kenaikan pengunjung di obyek wisata. Bahkan tingkat hunian hotel juga mengalami tren peningkatan yang cukup baik.

"Untuk sepekan terakhir, okupansi hotel di Banyuwangi sudah berada di angka 7.000, sedangkan pekan sebelumnya di angka 5.000. Hal ini berimbas juga pada restoran dan usaha kecil menengah" cetusnya.

Meskipun jumlah pengunjung di masing-masing tempat wisata dibatasi hanya 25 persen saja dari kapasitas normal. Hal ini tidak menyurutkan tekad masyarakat untuk datang ke obyek wisata, setelah beberapa waktu lalu mereka tidak bisa menikmati liburan dikarenakan adanya pembatasan kegiatan masyarakat oleh pemerintah pusat.

Teluk-Biru.jpg

Selain adanya pembatasan kapasitas pengunjung. Sesuai dengan instruksi menteri dalam negeri dan surat edaran dari satgas Covid-19 kabupaten Banyuwangi, para pengunjung juga diwajibkan telah mengikuti vaksinasi terlebih dahulu.

Sehingga nantinya para wisatawan diwajibkan untuk menunjukkan sertifikat vaksin atau men-scan barcode yang telah disediakan oleh Pemkab Banyuwangi di pintu masuk destinasi wisata menggunakan aplikasi PeduliLindungi.

Kendati sudah ada 35 destinasi wisata yang dibuka di Kabupaten Banyuwangi, Disbudpar Banyuwangi juga terus mengingatkan kepada masyarakat agar tetap mematuhi protokol kesehatan yang diberlakukannya. Sehingga adanya kenaikan pengunjung ini juga berbanding dengan angka Covid-19 yang terus menurun. (*)

Pewarta : Riswan Efendi (MG-307)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.