Wisata

Lezatnya Penyetan Pedas Melekat, Menu Baru Bernuansa Lokal dari Java Lotus Hotel Jember

Minggu, 22 Januari 2023 - 01:14
Lezatnya Penyetan Pedas Melekat, Menu Baru Bernuansa Lokal dari Java Lotus Hotel Jember Beberapa menu penyetan Java Lotus Hotel Jember. (FOTO: Java Lotus for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JEMBERJava Lotus Hotel Jember, Jawa Timur (Jatim) kembali menyajikan menu baru yang kali ini bernuansa lokal kepada tamu dan masyarakat umum.

Nama menu baru Java Lotus Hotel Jember itu adalah Penyetan Pedas Melekat.

Menu Penyetan Pedas Melekat dari Java Lotus Hotel Jember ini merupakan kuliner yang menyajikan rasa pedas yang menantang dan sesuai selera masyarakat Indonesia, khususnya yang tinggal di Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Di antara kuliner yang masuk ke dalam menu Penyetan Pedas Melekat ini adalah Sop Iga, Sop Buntut, dan Ayam Kampung Bacem Pendalungan.

Bicara soal rasa pedas, menu Penyetan Pedas Melekat ini juga menyajikan sambal khas dengan menggunakan cabai Tengger.

Cabai Tengger atau yang memiliki nama lain lombok terong termasuk langka di pasaran, meski tumbuh subur di halaman rumah dan pertanian di Ranupani, Kabupaten Lumajang. 

Cabai Tengger bentuknya serupa Capsicum atau Habanero, bulat menggelembung. Cita rasa dan bentuknya, versi jumbo dibanding cabai rawit pada umumnya. Jadi, pedasnya 10 kali lipat cabai rawit, plus ada rasa sweetness. Enak!

"Inilah komoditi cabai yang hanya ada di dataran tinggi pegunungan Tengger dan mulai Januari 2023 disajikan di Java Lotus Hotel Jember, dalam rangkaian Food Promo, menjaga serta memberi nilai tambah kearifan lokal dan sumber-sumber pertanian lokal," terang General Manager Java Lotus Hotel Jember Jeffrey Wibisono V., Sabtu (21/1/2023).

Jeffrey menerangkan, cabai langka ini berasal dari Desa Ngadisari dan Desa Geduwong yang merupakan desa suku Tengger tertua di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

"Dari cerita yang beredar di masyarakat cabai ini peninggalan tuan besar asal Belanda yang pernah singgah di Ranupani," ujarnya.

Nah, bagaimana budidayanya?

Dia menjelaskan, proses penanaman cabai Tengger dari biji sampai panen buah cabai bulat, gendut ini, membutuhkan waktu kurang lebih 6 - 7 bulan.

"Jika Anda berkunjung serangkaian upacara Kasodo ke Desa Ranupani, Kecamatan Senduro, bisa eksplorasi juga keberadaan tanaman cabai terong baik di halaman rumah penduduk atau di ladang khusus tanaman sayur-mayur," tutur Jeffrey.

Penyetan versi Java Lotus Hotel Jember

Memperkuat keberadaan kuliner khas daerah, team dapur Java Lotus Hotel dengan fasilitas restoran makanKOE menyiapkan koleksi makanan rumahan dalam kategori comfort food. Menu Penyetan Pedas Melekat yang sambalnya menggunakan cabai Tengger, memperkaya menu koleksi menu Sop Iga, Sop Buntut, dan Ayam Kampung Bacem Pendalungan

Arif, Chef de Cuisine Java Lotus Hotel melakukan uji coba beberapa teknik memasak untuk mempertahankan aroma dan rasa khusus cabai Tengger. 

Sedikitnya ada enam macam varian yang telah dipraktekkan antara lain Sambal Matah, Sambal Uleg, Sambal Bawang, Sambal Ijo, hasilnya adalah satu pilihan sambal untuk menu Penyetan Pedas Melekat.

Kenapa penyetan?

Survey membuktikan, masyarakat Pendalungan Jember sangat menyukai makanan yang sederhana, tetapi dari segi cita rasa gurih dan tampilannya photogenic.

"Masyarakat yang bosan makan di warung-warung atau street stahls, bisa menikmati makanan penyetan street food di restoran hotel dengan harga pantas," tutur Jeffrey.

makanKOE Restaurant Java Lotus Hotel Jember menyajikan penyetan dengan pilihan berbagai jenis lauk, ada ikan Lele, ayam, udang, paru, ikan Nila dan yang khas Jember adalah ikan Wader. 

Lauk rumahan yang dijajakan di banyak tempat, dengan menggunakan sambal cabai Tengger dan tambahan bumbu rempah pilihan untuk marinasi lauk goreng, bisa dipastikan makan kenyang dan gobyos.

Menu Penyetan Pedas Melekat dari Java Lotus Hotel Jember ini ramah di kantong. Meski pun sekelas hotel, per porsi hanya Rp45.000 net termasuk nasi putih. Berani makan pedas yang melekat di rongga mulut sampai puas? (*)

Pewarta : Siti Nur Faizah
Editor : Dody Bayu Prasetyo
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.