https://banyuwangi.times.co.id/
Wisata

Pantai Sulamadaha, Cocok untuk Snorkling dengan Pesona Bawah Laut yang Menawan

Minggu, 21 Juli 2024 - 05:42
Pantai Sulamadaha, Cocok untuk Snorkling dengan Pesona Bawah Laut yang Menawan Pantai Sulamadaha terletak di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Maluku Utara (FOTO: Pesona Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, TERNATE – Sulamadaha adalah pantai yang terletak di Kecamatan Pulau Ternate, Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, Indonesia. Tidak hanya warga lokal, namun Pantai Sulamadaha ini juga sudah diketahui oleh wisatawan mancanegara. 

Banyak turis asing yang mengunjungi Sulamadaha, tentunya mereka sulit untuk melupakan pesona pesisir nan cantik ini. Posisinya berada di sebelah utara Kota Ternate dengan jarak kurang lebih 15 km.

Diketahui sejarah Pantai Sulamadaha sudah terkenal sejak lama, karena pantai yang terletak di Kelurahan Sulamadaha yang sudah ada sejak tahun 1940. 

Pantai-Sulamadaha-terletak-2.jpg

Dimulai dari daya tarik Pantai Sulamadaha yang disebut dengan Saomadaha. Sebuah lokasi di kawasan objek wisata Pantai Sulamadaha, potret keindahan yang tersembunyi di balik batuan karang. Saomadaha adalah pesona keindahan laguna Pantai Sulamadaha. 

Di lokasi tersebut, para pengunjung akan melihat air yang membentuk gradasi warna hijau tosca, biru, dan bening, serta airnya sangat tenang. Beberapa perahu yang ada di Saomadaha, terlihat mengambang indah di atas air.

Pantai-Sulamadaha-terletak-3.jpg

Keindahan Pantai Sulamadaha, tersembunyi di balik bukit yang untuk mencapainya kita bisa berjalan kaki menyusuri tebing melewati jalanan beton yang hanya bisa dilalui pejalan kaki dan motor.

Warga setempat menyebut lokasi ini dengan nama hall, sebuah teluk yang sangat indah dengan air yang masih sangat jernih dan juga pesona bawah lautnya yang menawan sehingga cocok untuk snorkling.

Belum banyak yang tahu, masih ada lagi keindahan yang tersembunyi di hall ini, yaitu adanya sumber air hangat yang keluar dari bebatuan di salah satu sudutnya. 

Karena letaknya yang berada di ujung dan tersembunyi, tidak banyak wisatawan yang bermain di sekitar air hangat ini. Untuk mencapai titik ini pengunjung harus berenang, karena lewat jalur darat jalannya cukup curam.

Fasilitas yang sudah tersedia di pantai ini adalah banyaknya warung yang menjual makanan berupa mie instan, pisang bebek dan pisang raja yang merupakan khas ternate, segar sekali rasanya minum air kelapa setelah lelah berenang dan bersnorkling. 

Waktu paling tepat untuk berkunjung ke tempat ini adalah ketika pagi dan sore hari, saat matahari belum tinggi dan sudah tidak panas sehingga bisa leluasa bermain air, berenang dan bersnorkling. 

Tidak perlu khawatir, untuk memudahkan pencarian, lokasi pantai Sulamadaha ini sudah ditandai dalam Google Maps lho. (*)

Pewarta : Wandi Ruswannur
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.