https://banyuwangi.times.co.id/
Kopi TIMES

Pariwisata, Citra Kota dan Pemimpin

Sabtu, 20 Juli 2024 - 20:29
Pariwisata, Citra Kota dan Pemimpin Fajar Isnaeni​, Puket III Kemahasiswaan STAI Darul Ulum Banyuwangi, Ketua Biro Organisasi dan SDM DPD HNSI Provinsi Jawa Timur dan Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Baru saja usai Banyuwangi Ethno Carnival, yang menampilkan tema Ndaru Deso yang memperoleh banyak apresiasi dari berbagai kalangan, kini sudah diambang mata perhelatan International Tour De Banyuwangi Ijen 2024, sebuah lomba balap sepeda bertaraf internasional yang sudah beberapa tahun diselenggarakan Banyuwangi.

Balap sepeda yang di lakukan dengan melewati berbagai destinasi wisata di Banyuwangi juga dengan berbagai rute yang ekstrem menjadi tantangan bagi para pembalap yang datang dari lokal dan mancanegara.

Gegap gempita berbagai kegiatan yang dilakukan oleh jajaran Pemkab Banyuwangi untuk menaikkan jumlah wisatawan serta menggerakkan perekonomian rasanya perlu mendapatkan apresiasi dari semua kalangan, hal ini juga terbukti dengan naiknya pendapatan perkapita dari 53.876.000/tahun di tahun 2022 menjadi 58.086.000/tahun di tahun 2023, demikian juga dengan tingkat pertumbuhan ekonomi 4,33 % di tahun 2022, naik menjadi 5,03 % di tahun 2023.

Peningkatan ini tentu bukan hanya hasil kerja keras pihak Pemerintah Kabupaten Banyuwangi saja tapi hasil kerja keras semua stakeholder dan masyarakat Kabupaten Banyuwangi karena semua berperan dengan porsinya masing masing. Tapi harus diakui sebagai leading sektor Pemerintah Kabupaten Banyuwangi perlu kita acungi jempol dan berikan apresiasi atas semua prestasi yang di torehkan sehingga ini menjadi citra baik untuk perkembangan Banyuwangi yang lebih maju lagi ke depannya. 

Tentu, sinergitas semua stakeholder untuk menjaga stabilitas dan keamanan Banyuwangi perlu ditingkatkan karena dengan kondisi Kabupaten yang guyub rukun tentu memberikan aroma lebih bagi wisatawan untuk berkunjung maupun investor untuk menanamkan modalnya di Banyuwangi ini.

Mulai beberapa periode lalu Pemerintah Kabupaten Banyuwangi menggunakan pariwisata sebagai cara untuk menaikkan roda perekonomian Banyuwangi terbukti ampuh menjadi jurus andalan Pemerintah Kabupaten Banyuwangi sehingga berbagai penghargaan dan peningkatan perekonomian bisa tercapai.

Pentingnya visi seorang pemimpin dan dukungan dari tim yang mumpuni di harapkan bisa membentuk City Branding bisa berhasil, apalagi yang masa lalu Banyuwangi yang pernah dijuluki Kota Santet yang kini sudah mulai perlahan lahan bisa di ubah menjadi lebih positif dengan semakin dikenalnya berbagai destinasi wisata yang menjadi daya tarik bagi wisatawan lokal maupun mancanegara untuk datang ke Banyuwangi.

Menurut Sugiarsono sebagaimana dikutip Juanim & Rahmawati (2015) bahwa dalam menerapkan strategi city branding perlu memenuhi empat kriteria utama, yaitu, pertama atribut yang menggambarkan sebuah karakter, daya tarik, gaya dan personalitas kota. Kedua, pesan, yang menggambarkan sebuah cerita secara pintar, menyenangkan dan mudah atau selalu diingat. Ketiga, diferensiasi yang unik dan berbeda dari kota-kota lain. Keempat adanya duta besar yang menginspirasi orang untuk datang dan ingin tinggal di kota tersebut (Juanim & Rahmawati, 2015).

Penerapan city branding yang efektif tidak hanya mampu mendongkrak citra sebuah kota di mata wisatawan baik lokal maupun mancanegara dan meningkatkan daya saing sebuah kota secara global (Lestari, 2016). Hal ini tentu menjadi sebuah entri poin bagi kita semua sebagai warga Banyuwangi untuk menjaga milestone perkembangan Banyuwangi yang sudah on the track bisa tetap terjaga.

Peran pemimpin yang bervisi visioner dan bisa menjaga track prestasi yang sudah di bangun selama ini tentu menjadi tantangan menjelang perhelatan Pilkada mendatang. Karena Banyuwangi selama ini sudah ada di rel yang tepat meski tetap belum sempurna tapi sekarang adalah rel yang tepat ini sesuai dengan berbagai capaian yang sudah terbukti secara fisik maupun capaian dan ukuran yang ditahbiskan oleh BPS menjadikan Banyuwangi sebagai salah satu Kabupaten yang bergerak maju dan tentunya bukan hanya Kabupaten nya saja yang harus maju tapi juga rakyatnya harus sejahtera.

Dan sudah waktunya bagi seluruh masyarakat Banyuwangi melihat track record (rekam jejak) siapa yang akan kita labuhkan pilihan untuk Pilkada mendatang, tidak hanya menggunakan faktor like dislike saja atau siapa memberi apa tapi menggunakan akal sehat dan hati nurani agar Banyuwangi ke depan bisa semakin maju dan sejahtera rakyatnya, karena Banyuwangi kini ada sudah on the track menuju kemajuan Banyuwangi meski tetap perlu ada koreksi dan pembenahan agar  Banyuwangi yang maju kabupatennya dan sejahtera rakyatnya bisa tercapai.

***

*) Oleh : Fajar Isnaeni​, Puket III Kemahasiswaan STAI Darul Ulum Banyuwangi, Ketua Biro Organisasi dan SDM DPD HNSI Provinsi Jawa Timur dan Kandidat Doktor Ilmu Ekonomi.

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

*) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

*) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

*) Redaksi berhak tidak menayangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Hainorrahman
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.