Opini

Kepemimpinan Berbasis Akhlak

Sabtu, 02 April 2022 - 14:39
Kepemimpinan Berbasis Akhlak Kolonel Inf Hadi Al Jufri, Aslog Kasdam IV Diponegoro

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Kepemimpinan Berbasis Akhlak memimpin berbasis akhlak dan tata krama.

"Leadership adalah sebuah seni memimpin untuk mempengaruhi orang sehingga tulus ikhlas, setia dan taat mengikuti Kita di dalam mencapai sebuah tujuan, sehingga kepemimpinan memiliki banyak style dan gaya yang dipengaruhi oleh karakter dan sifat seseorang,"

Pemimpin memiliki banyak peranan, sebagai Bapak, sebagai Guru, sebagai kakak dan sebagai teman.

"Kapan seorang pemimpin berperan sebagai bapak yang mengayomi dan melindungi anaknya. Kapan seorang pemimpin berperan sebagai Guru yang mendidik dan melatih anak buahnya. Kapan seorang pemimpin berperan sebagai teman di dalam berbagi di dalam memecahkan persoalan yang dihadapi oleh anak buahnya,"

"Semua peran harus bisa dilakukan oleh seorang pemimpin dengan dilandasi rasa kasih dan sayang, sehingga tercipta komunikasi dua arah, yaitu antara pemimpin dan yang dipimpin,"

"Kepemimpinan haruslah berlandaskan moral dan akhlakul karimah, tata krama dan budi pekerti yang baik, sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW : Bahwasanya pemimpin yang baik adalah pemimpin yang mencintai mereka yang mengikutinya, dan pengikutnya mencintai pemimpinnya,"

dari hadits ini dapat diambil pengertian bahwa seorang pemimpin yang baik harus memiliki rasa welas asih, rasa sayang kepada anak buahnya tanpa melihat siapa mereka,  suku apa, agama apa atau dengan latar belakangnya apa.

" Murni rasa kasih sayang yang diberikan seorang pemimpin kepada anak buahnya. Sehingga sesuai dengan apa yang disabdakan Rosul SAW : Bahwa sebaik-baiknya manusia adalah mereka yang memberikan manfaat kepada orang lain. Menjadi dasar agar keberadaan seorang pemimpin membawa manfaat bagi anak buahnya, membawa manfaat bagi umat dan kehadirannya selalu dinantikan oleh umatnya,"

Seperti diketahui, telah digelar Top Leader Forum 2022 pada Sabtu (26/3/2022) mengambil tema :

Membangun Integritas Dan Meningkatkan Karakter

Kepemimpinan Bangsa Untuk Indonesia Maju.

 

*) Penulis: Kolonel Inf Hadi Al Jufri, Aslog Kasdam IV Diponegoro

*)Tulisan Opini ini sepenuhnya adalah tanggungjawab penulis, tidak menjadi bagian tanggungjawab redaksi timesindonesia.co.id

 

____________
**) Kopi TIMES atau rubik opini di TIMES Indonesia terbuka untuk umum. Panjang naskah maksimal 4.000 karakter atau sekitar 600 kata. Sertakan riwayat hidup singkat beserta Foto diri dan nomor telepon yang bisa dihubungi.

**) Naskah dikirim ke alamat e-mail: [email protected]

**) Redaksi berhak tidak menanyangkan opini yang dikirim.

Pewarta :
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.