https://banyuwangi.times.co.id/
Hukum dan Kriminal

Berantas Ancaman Narkoba, BNN Bakal Dibentuk di Banyuwangi

Selasa, 16 Juli 2024 - 20:53
Berantas Ancaman Narkoba, BNN Bakal Dibentuk di Banyuwangi Suasana saat pertemuan dalam usulan pembentukan Badan Vertikal BNN di Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Dalam mendorong pembangunan di wilayah Kabupaten atau Kota yang berorientasi pada upaya mengantisipasi hingga mitigasi ancaman narkoba. Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) datang atas usulan pembentukan instansi vertikal Badan Narkotika Nasional (BNN) di Banyuwangi, Jawa Timur.

Upaya pemerintah dalam Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) yang dilakukan oleh BNN RI dan BNN Provinsi Jatim itu, salah satunya tampak melalui rapat pembentukan instansi vertikal BNN di Banyuwangi , Selasa (16/7/2024).

Pertemuan tersebut dihadiri Ketua BNN RI Komjen Pol. Dr. Marthinus Hukom, S.I.K., M.Si. yang diwakili Brigjen. Pol. Muhammad Zainul Muttaqien, S.H., S.I.K., M.A.P., MenpanRB RI yang diwakili Brigjen Pol. Donny Adityawarman, S.I.K., M.Si., CHRMP. , Kepala BNNP Jatim Brigjen Pol. (Purn) Mohammad Aris Purnomo, Bupati Banyuwangi H. Ipuk Fiestiandani, Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono, S.H., S.I.K., M.Si. yang diwakili AKBP Dewa Putu Eka, S.I.K., M.H. Serta Forkopimda Banyuwangi.

Kepala Biro (Karo) Sumber Daya Manusia (SDM) BNN RI, Brigjen. Pol. Muhammad Zainul Muttaqien, S.H., S.I.K., M.A.P. mengutarakan, maksud dan tujuan kedatangannya di Banyuwangi adalah dalam rangka usulan pembentukan instansi vertikal Badan Narkotika Nasional (BNN).

Badan-Narkotika-Nasional-2.jpg

”Tentunya, melalui pertemuan ini merupakan langkah besar kami untuk dapat segera mewujudkannya terbentuknya BNN di Banyuwangi,” kata Zainul, Selasa (16/7/2024).

Selain itu, adanya rapat tersebut juga merupakan keseriusan BNN RI dalam mendorong pembangunan di wilayah Kabupaten atau Kota. Berorientasi pada langkah mengantisipasi, mengadaptasi, dan memitigasi ancaman narkoba dengan melibatkan pemerintah daerah bersama BNN RI dan BNN Provinsi, melalui penguatan koordinasi antara pemerintah, lingkungan pendidikan, swasta, dan masyarakat.

Dengan begitu, Zainul berharap, dengan adanya komitmen kepala daerah yang telah dibuat tersebut, BNN di Banyuwangi akan semakin cepat untuk dibentuk. Hal ini juga dapat mempengaruhi BNN RI dalam bekerja secara maksimal dan fokus sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan serta memutus mata rantai jaringan narkoba di Bumi Blambangan.

“Harapan kita, BNN di Banyuwangi segera dapat dibentuk,” tegasnya.

Dalam momen tersebut, Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga mengungkapkan harapanya, yaitu agar semua komponen masyarakat memberikan dukungan pada pemkab, Polresta Banyuwangi, dan BNN dalam upaya memberantas narkoba.

"Kita bersyukur usulan kita diapresiasi dan ditindaklanjuti pemerintah pusat. Pembentukan BNN ini untuk menjawab kekhawatiran masyarakat dan kita semua terhadap penyebaran dan peredaran narkoba," jelas Ipuk.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Pol. Nanang Haryono diwakili Wakapolresta Banyuwangi AKBP Dewa Putu Eka menjelaskan, adanya manfaat dari pembangunan BNN di Banyuwangi yaitu agar bisa bersinergi dengan Polresta Banyuwangi dalam hal pemberantasan peredaran, penyalahgunaan narkotika serta pencegahan di wilayah.

“Kami berharap pembangunan BNN di Banyuwangi segera terlaksana agar kami Polresta dapat bersinergi dalam hal pemberantasan Narkotika. Sehingga Banyuwangi menjadi Kota Zero Narkoba”, tegas AKBP Dewa. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.