Gaya Hidup

Sup Kepompong Tawon Ndas, Kuliner Ekstrem Banyuwangi Bikin Pria Makin Jantan

Rabu, 13 Oktober 2021 - 17:20
Sup Kepompong Tawon Ndas, Kuliner Ekstrem Banyuwangi Bikin Pria Makin Jantan Satu porsi kuliner ekstrem di Banyuwangi, sup tawon Ndas. (FOTO: Agung Sedana/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bosan makan ayam atau ikan? Pengen nyoba menu agak ektrem tapi enak? Di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, ada kuliner uyah asam atau sup kepompong tawon Ndas yang cukup digemari. Tak seperti tampilannya yang menggelikan, ini diyakini berkhasiat mengatasi keluhan kaum pria yang sering loyo. 

Konon, rutin mengkonsumsi kepompong atau larva tawon Ndas ini bisa meningkatkan stamina dan vitalitas pria. Kandungan protein di dalamnya dipercaya masyarakat Banyuwangi bisa membangkitkan kejantanan di atas ranjang. 

Tidak sesuai dengan tampilannya, ternyata kuliner satu ini memiliki rasa yang lezat. Kuliner ini semakin nikmat ketika dimasak dengan sensasi rasa pedas. Rasa gurih dari tawon ini terasa begitu melekat di lidah. 

Tidak hanya larva atau kepompong saja, rupanya tawon Ndas dewasa pun juga sangat gurih ketika disantap. Bisa digoreng atau diolah menjadi bergaman sajian menu makanan. Seperti pepes tawon, tawon asam manis, sup tawon atau olahan lainnya. Sensasi krenyes langsung dirasakan ketika mengunyah tawon dewasa ini.

kuliner ekstrem bkepompong atau larva tawon Ndas diolah menjadi kuliner khas Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

"Saya pribadi lebih suka Tawon Ndas yang tua ketimbang yang masih kepompong. Rasanya lebih nikmat, mirip udang," ungkap Ahmad Jaini salah satu penikmat kuliner Ekstrem di Banyuwangi, Rabu (13/10/2021).

Jaini mengakui, usai mengkonsumsi tawon Ndas ini langsung muncul sensasi hangat ditubuhnya. Menurutnya sensasi ini memang selalu disebabkan usai menyantap menu tawon Ndas. Dia merasa ada sebuah dorongan yang membuat setiap pria yang mengkonsumsinya betah melek. 

"Menu olahan yang paling saya suka sebenarnya sambal kemangi tawon Ndas. Usai makan pasti berkeringat, rasanya bikin kita betah melek," ungkapnya. 

Di Banyuwangi, selain tersohor soal destinasi wisatanya juga dikenal memiliki seribu keunikan kulinernya. Mulai kuliner yang mainstreem hingga yang nyeleneh namun banyak digemari. 

Pemilik rumah makan Warung Umyah Madang, Rizal Pahlevi mengaku jika ditempatnya tidak hanya menyediakan menu kuliner tawon Ndas saja. Berlokasikan di Jl. Raya Lijen, Desa Paspan Kecamatan Glagah, Banyuwangi, tempatnya juga memiliki menu tawon Sruk atau tawon tanah dan tawon Nyayang kelapa. 

Sebenarnya, dirinya juga memiliki menu kuliner tawon Madu. Namun, banyak pengunjung yang lebih memilih olahan tawon Ndas, tawon Sruk dan tawon Nyayang kelapa. Menurutnya, pengunjung menilai jika tawon Madu bukan sajian yang ekstrem dan merupakan jenis lebah ternak. 

"Sehingga untuk tawon madu kami tidak menyediakan, kata orang kurang ekstrim," katanya. 

Diakui Rizal, ketiga menu tawon yang disediakannya adalah jenis lebah yang sulit ditemukan. Untuk mencukupi permintaan konsumen, dirinya harus blusukan memesan ke warga tepian hutan.

Untuk menikmati satu porsi sup tawon ini, Rizal mematok harga Rp 25 ribu. Warung miliknya dibuka setiap hari mulai pukul 09.00 WIB dan tutup pukul 22.00 WIB. Dia merekomendasikan wedang jeruk atau minuman yang memiliki rasa asam untuk menyempurnakan kenikmatan sup tawon ini. 

Ide berjualan menu ekstrem ini, Rizal adopsi dari kebiasaan sang ayah. Menu ini rupanya adalah makanan khas suku Using Banyuwangi. Dalam setiap kegiatan, tradisi suku Using sudah biasa menyajikan olahan tawon sebagai menu makanan. 

"Ayah saya ingin berbagi kesenangan dengan menikmati menu sup tawon Ndas ini. Makanya Kita munculkan menu tawon Ndas ini sebagai salah satu menu andalan kami. Sebagai makanan khas wong Using Banyuwangi," ujar pemilik warung kuliner di Kabupaten Banyuwangi tersebut. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.