Gaya Hidup

Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Berpuasa ala Dinas Kesehatan Banyuwangi

Senin, 20 Maret 2023 - 11:17
Ramadan 2023, Inilah Tips Menjaga Daya Tahan Tubuh saat Puasa ala Dinkes Banyuwangi Tips menjaga kesehatan selama bulan Ramadan. (Foto : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGIRamadan 2023 sudah di depan mata. Sudah sejauh mana persiapan Anda untuk berpuasa di bulan suci nanti?

Bulan Ramadan merupakan bulan yang sangat spesial bagi umat Islam di seluruh dunia. Selama bulan ini, umat Islam berpuasa dan melakukan aktivitas keagamaan yang lebih banyak dari hari-hari biasanya.

Nah ini dia tips menjaga daya tahan tubuh ala Dinas Kesehatan Banyuwangi di bulan Ramadan meskipun dalam gempuran aktivitas yang padat.

"Yang perlu diingat adalah ibadah puasa juga sebagai bentuk dari menjaga kesehatan dalam penerapan pola hidup sehat, olehnya patuhi apa yang menjadi Sunnah puasa," jelas, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, Amir Hidayat, Senin (20/03/2023).

1. Usahakan Sahur

Tips pertama kita awali dari sahur. Seperti sunnah dari Nabi, sangat disarankan untuk selalu melaksanakan santap sahur.

Hal tersebut bertujuan sebagai pengisi tenaga untuk beraktivitas seharian meskipun sedang menahan rasa lapar hingga waktu berbuka. Apabila tidak menjalankan santap sahur ditakutkan akan membuat kalian lemas, lemah serta lunglai yang berakibat dehidrasi dan jatuh sakit

2. Akhirkan Sahur

Lalu tips keduanya,  saat sahur sangat penting untuk mengakhirkan santap sahur. Hal ini dapat mempersingkat waktu menahan lapar, karena kalori tidak akan terbuang sia-sia karena menunggu waktu imsak yang masih lama, selain itu juga menyeimbangkan kalori masuk dan kalori keluar.

3. Nutrisi Seimbang saat Sahur

"Santap sahur harus bernutrisi seimbang dan proporsi yang cukup. Seperti saran Kementerian Kesehatan yaitu 'Isi Piringku' 50persen buah dan sayur, 50 persen Karbohidrat dan Protein atau 4 sehat 5 sempurna," kata, Amir memberikan tips ketiganya.

4. Cukupi Kebutuhan Air Minum

Dilanjutkan tips keempat, yaitu mencukupi kebutuhan air minum. Saat berpuasa kebutuhan air minum tidak boleh berkurang, karena manusia butuh minum air putih kurang lebih 2 hingga 3 liter perhari atau setara dengan 8 gelas setiap harinya.

Hal tersebut untuk memenuhi kebutuhan metabolisme tubuh supaya tidak menimbulkan gangguan fungsi pencernaan dan penyerapan, selain itu juga menjaga suhu tubuh hingga memberikan energi pada otot kala lemas akibat berpuasa.

"Minum air putih secara teratur dan tidak perlu ditakar, lebih baik bila minum air putih hangat yang sesuai dengan suhu dalam tubuh dan kurangi minum air putih dingin," bebernya.

5. Aktivitas Fisik

Kemudian tips kelima. Saat puasa sangat perlu untuk menyeimbangkan kalori masuk dan keluar dengan melakukan aktivitas fisik, seperti jalan-jalan ringan maupun bersepeda. Dimaksudkan untuk menjaga kondisi daya tahan tubuh tetap fit, prima dan sehat menjalani aktivitas di bulan Ramadan.

"Olahraga tipis-tipis bisa dilakukan setalah sahur, pagi jam 5 dan atau sore saat ngangabuburit, tidak perlu lama cukup 15 hingga 30 menit sudah cukup," tukasnya.

6. Segerakan Berbuka

Beralih ke tips keenam. Seperti apa yang menjadi anjuran sunnah Rasul, yaitu pentingnya menyegerakan untuk membatalkan puasa dan dengan menyantap bukaan dengan yang ringan terlebih dahulu, sangat disarankan pula makan dan minuman yang manis.

Tips tersebut bertujuan untuk memberikan pemanasan pada organ pencernaan setelah seharian tidak berproses akibat puasa, selain itu juga berfungsi untuk memicu Enzim Emilase dalam memecah karbohidrat menjadi gula serta Enzim Asam Klorida (HCL) dalam memecah protein dalam makanan.

Setelah menyantap takjil dengan makanan, minuman ringan yang manis, barulah setelah menunaikan ibadah shalat Maghrib, kedua enzim yang sudah berproduksi dengan sempurna tersebut siap menerima makanan berat dengan tetap mengutamakan 'Isi Piring' atau 4 sehat 5 sempurna.

"Jangan makan terlalu berlebihan, karena mengakibatkan mual, muntah, gangguan pencernaan dan lemas mendatangkan kantuk, menjadikan ibadah di bulan Ramadan terganggu karena tidak kuat shalat Tarawih," ucapnya sambil menggurau.

7. Manajemen Waktu

Bulan penuh berkah memang sepatutnya digunakan untuk banyak beribadah seperti Tadarus hingga shalat malam seperti Tahajjud. Meski begitu, dalam tips ketujuh ini yaitu memanajemen waktu tidur, haruslah menjaga waktu tidur yang cukup dan berkualitas.

Tidur cukup dan  berkualitas tidak harus lama namun, bisa jadi tidur terlelap tanpa gangguan. Tips ketujuh tersebut berguna untuk mengistirahatkan tubuh dan organ setelah seharian beraktivitas meski sedang berpuasa.

8. Jangan Tidur Usai Sahur

Selanjutnya tips kedelapan, disarankan untuk tidak tidur setelah sahur dan shalat Shubuh. Meskipun tidur adalah ibadah namun terlalu banyak tidur juga tidak disarankan.

Karena setelah shubuh adalah waktu tepat untuk memulai aktivitas ringan seperti olahraga yang ringan-ringan, bersih-bersih dan lainya, bertujuan supaya menyegarkan tubuh, merefresh organ dengan menghirup udara pagi yang masih bersih dan yang terakhir memudahkan kelenjar Insulin dalam memproses makanan sahur.

"Jangan kebanyak tidur saat bulan Ramadan, yang penting tidur cukup dan berkualitas, Inshallah kuat puasa full seharian," cetusnya.

9. Hindari Bau Mulut

Tips penting yang terakhir ini sangat berguna, tertutama saat bulan Ramadan, karena banyak yang mengalaminya. Hal seperti ini kerap menganggu aktivitas di bulan suci, yaitu bau mulut yang tidak sedap.

Amir, menyarankan, untuk mengurangi bau mulut yang tak sedap saat bulan Ramadan ialah dengan gosok gigi dan kumur sempurna. Dengan tipsnya yaitu rajin sikat gigi sebelum tidur dan setelah sahur dengan jarak jeda 30 menit setelah sahur untuk meminimalisir kerusakan email gigi.

Tak sampai di sana kumur-kumur yang sempurna juga membantu mengurangi bau mulut tak sedap, karena bau mulut terjadi akibat dari sisa makanan yang menyangkut di sela-sela gigi yang akhirnya terfermentasi menjadikan bau yang tidak enak pada nafas atay mulut.

"Jika ingin maksimal dalam menghilangkan bau mulut, bisa menggunakan produk obat kumur-kumur, namun sebenarnya dengan kita shalat dan berkumur sebanyak kita shalat sudah lebih dari cukup untuk mengurangi bau tak sedap itu," Pungkasnya.

Nah itulah yang menjadi tips menjaga kesehatan di saat menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan 2023. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.