https://banyuwangi.times.co.id/
Gaya Hidup

Penting! Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Usia 30an

Kamis, 11 Juli 2024 - 00:22
Penting! Tips Menjaga Kesehatan Ginjal di Usia 30an Ilustrasi - Menjaga kesehatan ginjal dengan rutin olahraga. (FOTO: Freepik)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Tak mau menjalani diamolisis atau cuci darah? Yuk, menjaga kesehatan ginjal mulai sekarang. Bagaimana caranya menjaga kesehatan ginjal?

Ginjal merupakan salah satu organ dalam tubuh yang memiliki fungsi penting. Diantaranya adalah membuang sisa metabolisme dalam tubuh melalui urine dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh.

Berikut tips menjaga kesehatan ginjal di usia 30an dari dr. Decsa Medika Hertanto, Sp. PD yang diunggah di instagram @dokterdecsa pada 17 April 2024.

1. Minum Air Putih

Menjaga kesehatan ginjal bisa dimulai dari konsumsi air putih 1,5-2 liter setiap hari. Batasi konsumsi minuman tinggi gula agar ginjal tetap sehat.

2. Makan Makanan Bergizi

Menjaga makanan juga menjadi hal penting dalam menjaga kesehatan ginjal. Kurangi makanan terlalu manis dan terlalu asin. Kurangi makanan ultra process food (UPF) karena kandungan garam atau natrium tinggi bisa menyebabkan penyakit komorbid.

3. Istirahat Cukup

Tidur yang cukup kunci ginjal sehat. Hindari begadang atau tidur terlalu malam agar ginjal tetap sehat.

4. Rutin Olahraga

Olahraga secara rutin juga turut andil menjaga kesehatan ginjal. Usahakan olahraga 15-30 menit perhari. Olahraga ini sangat disarankan bagi kamu yang memiliki pekerjaan minim aktivitas fisik.

5. Screening Penyakit

Melakukan medical check up setahun sekali sangat penting untuk mengetahui lebih dini kemungkinan gangguan kesehatan ginjal. Jangan biasakan ke dokter jika sudah ada keluhan berat.

Selain kelima hal di atas, ada hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal. Diantaranya adalah hindari merokok, hindari minum alkohol, hindari penyebab stres dan cemas berlebihan. (*)

Pewarta : Deasy Mayasari
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.