Ekonomi

The Santri Jujugan, Inovasi Terpadu dari Banyuwangi Wujudkan Kemandirian Ekonomi

Sabtu, 09 Oktober 2021 - 11:08
The Santri Jujugan, Inovasi Terpadu dari Banyuwangi Wujudkan Kemandirian Ekonomi Pengunjung berpose di cafe The Santri Jujugan (Foto: Hafid Nurhabibi/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGIThe Santri Jujugan. Ya, sepintas nama baru dari cafe mini, sekaligus inovasi terpadu di antara kalangan manusia bersarung. Dipelopori oleh Ikatan Santri Salafiyah Syafi'iyah (IKSASS) Sub Rayon Kalipuro, bersama BMT Salafiyah Kalipuro, tempat bersila dan berdiskusi di Kabupaten Banyuwangi ini fokus mewujudkan kemandirian ekonomi.

Setelah diresmikan pada Kamis (7/10/2021) lalu, cafe ini langsung diserbu para pecinta kopi serta penikmat minuman dingin beragam varian rasa. Makin keren, setiap jenis kopi yang disuguhkan, nyaris murni hasil racikan sendiri.

Lokasi The Santri Jujugan cukup mudah dicari, yakni berada di Jalan Raden Wijaya, Nomor 108 (Depan Makam Cina) Kluncing, Kecamatan Giri, Kabupeten Banyuwangi. Tempatnya yang strategis, membuat pengunjung tak lagi pusing mencari cafe rindang dengan nuansa religius ini.

cafe The Santri Jujugan a

"Grand opening cafe The Santri Jujugan, ini baru dua hari lalu, tapi alhamdulillah langsung banyak pengunjung," kata salah satu anggota team inisiator The Santri Jujugan, Moh Khoirul Hidayat kepada TIMES Indonesia.

Hidayat bercerita, modal pembuatan cafe ini didapat dari sumbangan cuma-cuma, artinya siapapun yang ingin bersedekah untuk membantu mengembangkan The Santri Jujugan, pihaknya mempersilahkan dan menerima. Tak lain ini juga sebagai langkah memberi peluang para donatur untuk bersedekah.

Bukan malah soal keuntungan pribadi, hasil dari penjualan kopi dan minuman disana, sengaja dikumpulkan untuk membiayai kegiatan-kegiatan berbasis Alumni Ponpes Salafiyah Syafi'iyah, Sukorejo, Kabupaten Situbondo.

cafe The Santri Jujugan b

"Kami niatkan mengabdi dan mewujudkan kemandirian ekonomi, jika ada kegiatan pondok nanti, bisa saja kita tidak bingung lagi mencari sumber dana, hadirnya The Santri Jujugan ini, diharapkan menjadi solusi persoalan itu," cetus Ustad Dayat, sapaan akrab Moh Khoirul Hidayat.

Bagaimana, anda tertarik menikmati menu di The Santri Jujugan? Cafe ini buka hingga malam hari pukul 21.00 WIB, khusus edisi weekend atau Sabtu dan Minggu bisa saja sampai pukul 22.00 WIB. Harganya juga ramah di kantong, hanya kisaran Rp 5 ribu hingga Rp 15 ribu saja.

Yuk rasakan sensasi ngopi pintar di The Santri Jujugan, cafe besutan Ikatan Santri Salafiyah Syafi'iyah (IKSASS) Sub Rayon Kalipuro, bersama BMT Salafiyah Kalipuro Kabupaten Banyuwangi ini. (*)

Pewarta : Hafid Nurhabibi (MG-311)
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.