https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Dua Pembalap Tour de Banyuwangi Ijen Terima Penghargaan Khusus

Sabtu, 27 Juli 2024 - 12:32
Dua Pembalap Tour de Banyuwangi Ijen Terima Penghargaan Khusus Pemberian penghargaan untuk dua pembalap Tour de Banyuwangi Ijen 2024 (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Dua pembalap setia Tour de Banyuwangi Ijen (TdBI), Edgar Nieto dari Spanyol dan Peter Pouly dari Prancis, menerima penghargaan khusus dari Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani Azwar Anas.

Penghargaan tersebut diberikan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi dan dedikasi mereka yang telah menjadi bagian dari sejarah panjang TdBI sejak pertama kali digelar pada 2012.

Ajang yang menjadi agenda resmi Federasi Balap Sepeda Dunia, UCI (Union Cycliste Internationale) tersebut sempat vakum empat tahun (2020-2023) karena pandemi Covid-19.

Kedua pembalap tersebut tidak pernah absen dalam setiap pelaksanaan TdBI, dan terus berpartisipasi hingga ajang ini kembali digelar pada tahun 2024.

“Kami ingin memberikan apresiasi kepada mereka berdua yang telah ikut dan menjadi saksi perjalanan TDBI,” kata Ipuk.

Edgar Nieto merupakan salah satu pembalap yang tidak pernah absen dalam setiap pelaksanaan TdBI. Tahun ini merupakan kali ke-9 bagi pemenang Tour de Flores itu, kembali turut serta di TdBI. Pembalap berusia 38 tahun ini memperkuat Victoria Sports Cycling Team dari Filipina.

“Saya sangat gembira bisa kembali ke Banyuwangi. Ini adalah ajang balapan favorit saya,” ucap Edgar.

Edgar mengaku bahagia Tour de Banyuwangi Ijen bisa kembali digelar.

“Saat mendengar kabar TdBI digelar kembali, saya sangat senang karena Banyuwangi adalah tempat yang sangat indah. Pasti menyenangkan bisa bertemu kembali dengan teman-teman Asia Tour,” tambahnya.

Hal yang sama juga disampaikan Peter Pouly. Pembalap asal Perancis itu mengaku selalu memiliki perasaan yang spesial setiap kali hadir di Banyuwangi.

Peter Pouly berhasil merebut gelar juara umum TdBI sebanyak 3 kali beruntun, pada 2014-2016. Bahkan Peter Pouly juga memberikan nama Ijen untuk anak keduanya. Saat itu Pouly berhasil memenangi Tour de Banyuwangi Ijen 2015. Kali ini Pouly hadir sebagai pelatih tim Roojai Insurance, Thailand.

“Kompetisi ini sangat spesial. Sampai-sampai saya memberi nama Ijen untuk anak laki-laki saya,” kata Pouly. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.