Berita

Operasional Ibadah Haji Jakarta: Kloter Pertama Jemaah Lansia dan Pelayanan Ramah

Kamis, 25 Mei 2023 - 15:25
Operasional Ibadah Haji Jakarta: Kloter Pertama Jemaah Lansia dan Pelayanan Ramah Petugas sedang membantu jemaah lansia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta, Selasa (23/5/2023). (Foto: Kemenag RI)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Hari ini, Selasa (23/5/2023), telah dimulai operasional penyelenggaraan ibadah haji 1444H/2023M di Embarkasi Jakarta. Acara ini ditandai dengan kedatangan kloter pertama (JKG-01) jemaah haji Indonesia di Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta. Kloter JKG-01 berasal dari Jakarta Selatan dan terdiri dari 388 jemaah, di mana hampir setengah dari mereka adalah jemaah yang berusia di atas 65 tahun.

Pemerintah memberikan perhatian khusus pada jumlah jemaah lansia tahun ini, sejalan dengan tema "Haji Ramah Lansia". Pelayanan kepada jemaah dilakukan melalui pendekatan "One Stop Service" yang diatur dalam Keputusan Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah No. 185 tahun 2023.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi DKI Jakarta, Cecep Khairul Anwar, menyatakan bahwa sarana dan prasarana di Asrama Haji Pondok Gede telah disesuaikan agar mudah diakses dan dimanfaatkan oleh jemaah lansia. Pelayanan kepada jemaah, mulai dari fase keberangkatan, seperti layanan di gedung penerimaan, penginapan, dan gedung keberangkatan, disediakan dengan memperhatikan kebutuhan lansia.

Untuk menghindari kelelahan jemaah, pelayanan dari beberapa unit terkait dilakukan di satu lokasi dan dikoordinir secara terpadu. Beberapa pelayanan yang diberikan kepada jemaah di gedung penerimaan meliputi penyerahan bagasi dan kabin kepada petugas PPIH (Petugas Penyelenggara Ibadah Haji), pemberian label pada tas kabin, pemeriksaan kesehatan terakhir, penyerahan dokumen seperti Surat Perintah Masuk Asrama (SPMA) dan Bukti Lunas BPIH.

Jemaah juga akan mendapatkan kartu kokarde, kartu makan, kartu penempatan kamar, gelang identitas, paspor, visa, boarding pass, lembar Tanda Terima Living Cost, serta penyerahan living cost di gedung penerimaan. Kelengkapan imigrasi seperti paspor dan visa akan diserahkan di Asrama Haji Pondok Gede, sehingga jemaah tidak perlu menunggu lama di Bandara Soekarno-Hatta karena proses imigrasi telah selesai di asrama.

Setelah melewati gedung penerimaan, jemaah akan diarahkan menuju kamar penginapan untuk beristirahat sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Selanjutnya, mereka akan berangkat ke Bandara Soekarno-Hatta untuk melanjutkan perjalanan ke Tanah Suci. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.