Berita

Coblosan Pemilu di Banyuwangi, Diprediksi Bakal Diguyur Hujan

Selasa, 13 Februari 2024 - 19:04
Coblosan Pemilu di Banyuwangi, Diprediksi Bakal Diguyur Hujan Prakirawan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi, I Gede Agus Purbawa, sedang memantau cuaca melalui layar monitor. (FOTO : Anggara Cahya /TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Cuaca tak menentu diperkirakan akan mewarnai hari pencoblosan Pemilihan Umum (Pemilu). Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Kelas III Banyuwangi, Jawa Timur memprediksi hujan akan mengguyur di sebagian besar wilayah di Bumi Blambangan pada hari Rabu, 14 Februari 2024.

Hujan dengan Intensitas ringan hingga sedang tersebut diprediksi akan terjadi pada waktu menjelang siang hingga siang hari disebagian besar wilayah Banyuwangi, namun di beberapa wilayah hujan dengan intensitas tinggi juga berpotensi terjadi.

Prakirawan BMKG Kelas III Banyuwangi I Gede Agus Purbawa mengatakan, jika wilayah yang diprediksi mengalami hujan dengan intensitas tinggi atau lebat tersebut, berada sejumlah kecamatan, diantaranya yaitu Kecamatan Wongsorejo, Kalibaru, dan Glenmore dengan waktu turunya hujan diperkirakan pada siang hingga menjelang sore hari.

"Umumnya cuaca masih hujan tapi tidak merata," kata Gede sapaan dekat dari I Gede Agus Purbawa, pada Selasa (13/2/2024).

Meskipun demikian, Gede menambahkan, perkiraan cuaca hampir sebagian wilayah di Banyuwangi bakal cerah berawan pada pagi hari. Begitu pula dengan cuaca pada saat sore hingga malam hari.

"Secara umum, pagi sampai siang akan cerah berawan. Sementara siang di sebagian wilayah akan hujan ringan dan sebagian kecil lagi hujan deras. Selebihnya, memasuki sore hingga malam hari akan cerah berawan lagi," jelasnya.

Melihat kondisi tersebut, Gede mengimbau kepada warga di Kecamatan Wongsorejo, Kalibaru, dan Glenmore untuk mewaspadai potensi hujan lebat disertai angin yang terjadi  pada hari pencoblosan di 14 Februari besok.

“Sebaiknya pada musim penghujan seperti ini agar lebih waspada saat ada kegiatan,” tutur Gede.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Banyuwangi juga telah meminta para anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di setiap wilayah untuk mewaspadai potensi hujan dan bencana alam lainnya akibat musim penghujan.

KPU juga mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk mengantisipasi hal tersebut dan berharap potensi hujan dan bencana tak mengganggu pelaksanaan saat pemungutan suara.

"Titik berat saat ini sebenarnya pada cuaca, ini sangat berpengaruh ke kami," ucap Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraeni Rahman.

Hujan deras juga dapat berpotensi menurunkan tingkat partisipasi warga untuk memilih. Hal ini menjadi catatan khusus bagi KPU nantinya. (*)

Pewarta : Anggara Cahya Kharisma
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.