https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Tips Memaksimalkan SearchGPT untuk Hasil Maksimal

Sabtu, 27 Juli 2024 - 06:23
Tips Memaksimalkan SearchGPT untuk Hasil Maksimal Ilustrasi. (Foto: AI/Akademi AI Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – OpenAI baru-baru ini meluncurkan SearchGPT, mesin pencari berbasis kecerdasan buatan (AI) yang dirancang untuk memberikan pengalaman pencarian yang lebih cerdas dan interaktif. Untuk membantu pengguna memaksimalkan potensi SearchGPT, M. Theofany Aulia,  peneliti dari Akademi AI Indonesia (AAI) memberikan tipsnya. 

Berikut adalah tips dari Theo, sapaan akrab mahasiswa Magister AI UGM Yogyakarta, ini untuk mendapatkan hasil terbaik dari SearchGPT.

1. Gunakan Pertanyaan Spesifik

Menurut Theo, kunci utama untuk memanfaatkan SearchGPT adalah menggunakan pertanyaan yang spesifik. "SearchGPT bekerja dengan lebih baik ketika Anda memberikan pertanyaan yang jelas dan spesifik," jelasnya.

"Misalnya, daripada hanya mencari 'festival musik', coba tambahkan detail seperti 'festival musik di Boone, North Carolina bulan Agustus 2024'. Ini akan membantu SearchGPT memberikan hasil yang lebih relevan dan mendetail," sambungnya.

2. Manfaatkan Fitur Interaktif

Salah satu keunggulan SearchGPT adalah kemampuannya untuk berinteraksi dengan pengguna seperti ChatGPT. Theofany menyarankan untuk tidak ragu mengajukan pertanyaan lanjutan. "Setelah mendapatkan hasil penelusuran awal, Anda bisa bertanya lebih lanjut untuk mendapatkan informasi tambahan yang relevan," ujarnya. 

"Misalnya, setelah mencari informasi tentang cuaca di Half Moon Bay, Anda bisa menanyakan tentang aktivitas terbaik yang bisa dilakukan di sana berdasarkan cuaca."

3. Manfaatkan Fitur Visual

SearchGPT memiliki fitur "visual answer" yang menampilkan hasil penelusuran dalam bentuk video dari YouTube melalui Sora AI. "Fitur ini sangat berguna untuk topik-topik yang memerlukan penjelasan visual," kata Theofany. 

"Jika Anda mencari tutorial atau penjelasan tentang suatu topik, pastikan untuk memanfaatkan fitur ini untuk mendapatkan pemahaman yang lebih baik."

4. Tambahkan Detail Waktu dan Lokasi

Menambahkan detail waktu dan lokasi dalam pencarian Anda dapat membantu SearchGPT memberikan hasil yang lebih akurat. "Contoh kata kunci yang mencakup waktu seperti 'pekan ini' atau lokasi spesifik akan membuat hasil penelusuran lebih relevan dengan kebutuhan Anda," jelas Theo. "Ini sangat berguna untuk mencari informasi tentang acara, cuaca, atau lokasi wisata."

5. Eksplorasi Penelusuran Real-Time

SearchGPT dirancang untuk memberikan hasil penelusuran real-time yang akurat. "Pastikan Anda memanfaatkan fitur ini untuk topik-topik yang terus berkembang atau membutuhkan informasi terbaru," kata Theofany. "Misalnya, berita terkini, update acara, atau kondisi cuaca."

6. Daftar untuk Akses Awal

SearchGPT saat ini masih dalam tahap prototipe dan hanya tersedia untuk 10.000 pengguna terpilih. Theofany menyarankan untuk mendaftar melalui tautan yang tersedia jika ingin mencoba SearchGPT lebih awal. "Umpan balik dari pengguna awal sangat penting untuk pengembangan lebih lanjut," jelasnya. "Anda bisa menjadi bagian dari proses ini dengan mendaftar dan memberikan masukan Anda."

7. Integrasikan dengan ChatGPT

Di masa mendatang, OpenAI berencana untuk mengintegrasikan fitur-fitur terbaik SearchGPT dengan ChatGPT. Theo menyarankan pengguna untuk mengikuti perkembangan ini.

"Integrasi ini akan memberikan pengalaman pencarian yang lebih komprehensif dan interaktif," tambah Theo. "Anda akan bisa melakukan pencarian dan berinteraksi dengan AI dalam satu platform."

SearchGPT menawarkan berbagai fitur canggih yang dapat membantu pengguna mendapatkan hasil pencarian yang lebih baik dan relevan. Dengan mengikuti tips dari Theofany Aulia, pengguna dapat memaksimalkan potensi SearchGPT dan menikmati pengalaman pencarian yang lebih cerdas dan interaktif. (*)

Pewarta :
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.