https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Transaksi E-Katalog Produk Lokal Capai Rp 581 Miliar, Banyuwangi Raih Penghargaan ISPE 2024

Jumat, 21 Juni 2024 - 18:03
Transaksi E-Katalog Produk Lokal Capai Rp 581 Miliar, Banyuwangi Raih Penghargaan ISPE 2024 Banyuwangi raih penghargaan bergengsi pada ajang Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2024  atas kategori kabupaten dengan jumlah transaksi produk dalam negeri terbanyak (Foto: Humas Pemkab for TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Sebagai kabupaten yang terletak di ujung timur Pulau Jawa, Banyuwangi kembali menorehkan prestasi membanggakan di kancah nasional. Kali ini, Banyuwangi berhasil meraih penghargaan bergengsi dalam ajang Indonesia Sustainable Procurement Expo (ISPE) 2024  atas kategori kabupaten dengan jumlah transaksi produk dalam negeri terbanyak, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Katalog Elektronik Nasional. 

Penghargaan ini diraih Banyuwangi atas komitmen tinggi dalam memanfaatkan produk lokal atau dalam negeri yang mendukung pembangunan daerah, ditunjukkan dengan realisasi transaksi e-katalog produk dalam negeri yang mencapai Rp 581 miliar di tahun 2023.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa RI, Hendrar Prihadi, kepada Plt. Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Banyuwangi, Dani Al Sofyan, dalam forum ISPE yang digelar 14 Juni 2024 lalu.

“Banyuwangi dinilai sebagai daerah yang memiliki komitmen tinggi memanfaatkan produk dalam negeri yang mendukung pembangunan daerah, yang ini artinya juga pemkab dinilai banyak melibatkan pelaku usaha lokal dalam pengadaan barang dan jasa,” kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas, Jumat (21/6/2024).

Ipuk menyampaikan, Pemkab Banyuwangi terus mengupayakan pelibatan pelaku usaha UMKM dalam pembangunan daerah, salah satunya adalah dengan cara memberikan kesempatan yang sama bagi UMKM untuk terlibat dalam pengadaan barang dan jasa pemerintahan. Ipuk pun bersyukur upaya ini berjalan cukup baik hingga sekarang.

“Jumlah transaksi e-katalog produk dalam negeri Banyuwangi tahun pada tahun 2023 mencapai Rp. 581 miliar. Pemkab terus meningkatkan peran UMKM dalam pengadaan barang dan jasa. Saat ini, total sudah ada 1.036 UMKM yang mendaftar di e-katalog, yang mayoritas adalah UMKM lokal. Mulai dari kuliner, suvenir, alat tulis kantor, aspal, jasa servis kendaraan, dan sebagainya,” ujarnya

Menurut Ipuk, dengan masuknya UMKM lokal dalam e-katalog, maka penetrasi produk UMKM semakin meluas dan terserap market lebih besar. Selain itu, pihaknya juga  memastikan kebijakan yang diambil selalu bersifat kolaboratif dengan banyak pihak, termasuk warga. Pemkab terus mendorong kolaborasi warga dalam pengadaan barang dan jasa.

“Kami ajak warga menjadi mitra pemerintah. Ini menjadi bagian program kami UMKM Naik Kelas. Dengan kolaborasi ini, tentu saja akan membuat apa yang pemkab lakukan makin akuntabel dan transparan," ungkapnya. 

Sementara itu, Plt. Kepala Bagian Pengadaan Barang dan Jasa Setda Kabupaten Banyuwangi, Dani Al Sofyan, menambahkan, Banyuwangi berhasil meraih penghargaan ini lantaran mampu mencapai realisasi transaksi e-katalog hingga Rp. 581 miliar dalam pengadaan barang/jasa pada 2023.

“Menurut data dari LKPP, tahun 2023 tercatat pembelanjaan produk dalam negeri kita sebesar Rp. 1,1 triliun. Termasuk di dalamnya adalah transaksi e-katalog sebesar Rp581 miliar,” ujarnya.

Dani menegaskan, pemkab akan terus menggenjot transaksi dengan mendorong lebih banyak UMKM yang masuk dalam e-katalog.  Banyuwangi melakukan sejumlah pendampingan kepada pelaku usaha kecil. Pelatihan juga digeber untuk meningkatkan kualitas produk UMKM.

“Bahkan setiap kegiatan Bupati Ngantor di Desa dibuka gerai pengurusan perizinan untuk usaha-usaha mikro. Selain itu juga ada pendampingan untuk pendaftaran e-katalog,” imbuh Dani. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Hendarmono Al Sidarto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.