Berita

Facebook akan Rekrut 10.000 Orang di Eropa untuk Kembangkan Metaverse

Senin, 18 Oktober 2021 - 22:38
Facebook akan Rekrut 10.000 Orang di Eropa untuk Kembangkan Metaverse Ilustrasi ini, logo Facebook terlihat di layar smartphone dengan bendera UE di latar belakangnya.(FOTO: CNBC/Getty Images)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTAFacebook akan mempekerjakan 10.000 pekerja berketerampilan tinggi baru di seluruh Uni Eropa selama lima tahun ke depan untuk membangun dunia digital yang disebut metaverse.

Metaverse adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ruang virtual di mana banyak orang dapat eksis dan berkomunikasi dalam lingkungan 3D, menggunakan teknologi seperti virtual dan augmented reality.

Dilansir Reuters, raksasa media sosial ini mengatakan Eropa akan ditempatkan sebagai jantung pembentukan metaverse sejak awal, yang akan membantu membawa peluang kreatif, sosial, dan ekonomi baru ke Uni Eropa.

"Eropa sangat penting bagi Facebook," kata perusahaan itu dalam sebuah posting blog pada Minggu malam. "Dari ribuan karyawan di UE, hingga jutaan bisnis yang menggunakan aplikasi dan alat kami setiap hari, Eropa adalah bagian besar dari kesuksesan kami, seperti halnya Facebook dalam kesuksesan perusahaan Eropa dan ekonomi yang lebih luas," kata mereka.

Saat memulai perjalanan menghidupkan metaverse, Facebook mengatakan ada "kebutuhan akan insinyur yang sangat terspesialisasi".

Mark Zuckerberg dan perusahaannya telah menjadikan metaverse sebagai salah satu prioritas utama mereka.

Mark ZuckerbergMark Zuckerberg telah menetapkan visinya untuk mengubah Facebook dari jaringan media sosial menjadi perusahaan metaverse dalam lima tahun kedepan.(FOTO:Getty Image)

Facebook pertama kali meluncurkan rencananya untuk membangun metaverse pada bulan Juli, menggembar-gemborkannya sebagai tahap selanjutnya dari bagaimana orang mengalami internet.

Pada bulan September, Facebook juga telah berkomitmen menginvestasikan $50 juta dalam program penelitian global untuk mengembangkannya secara bertanggung jawab.

Facebook mendefinisikan visinya tentang metaverse sebagai ruang virtual di mana orang bisa bergaul dengan teman, bekerja, bermain, belajar, berbelanja, berkreasi, dan banyak lagi.

Perusahaan ini mengklaim bahwa itu tidak mengharuskan lebih banyak online tetapi online dengan cara yang "lebih bermakna".

"Sama seperti internet, metaverse ada entah Facebook ada atau tidak, dan itu tidak akan dibangun dalam semalam," kata Facebook  September lalu.

"Metaverse bukanlah produk tunggal yang bisa dibangun oleh satu perusahaan sendiri," ujar Facebook

Target pasar raksasa media sosial ini adalah untuk perekrutan termasuk Jerman, Prancis, Italia, Spanyol, Polandia, Belanda, dan Republik Irlandia. Tetapi Inggris akan ketinggalan karena menarik diri dari Uni Eropa pada Januari 2020 yang mengakhiri 47 tahun keanggotaannya.

Kepala Urusan Global Facebook, Nick Clegg dan Wakil Presiden Produk Pusat, Javier Olivan mengatakan ini adalah waktu yang menyenangkan bagi teknologi Eropa.

"Uni Eropa memiliki sejumlah keunggulan yang menjadikannya tempat yang bagus bagi perusahaan teknologi untuk berinvestasi, pasar konsumen yang besar, universitas kelas satu dan, yang terpenting, talenta berkualitas tinggi," tambah mereka dalam sebuah posting blog pada hari Minggu.

"Kami berharap dapat bekerja sama dengan pemerintah di seluruh UE untuk menemukan orang yang tepat dan pasar yang tepat untuk memajukan ini, sebagai bagian dari upaya rekrutmen yang akan datang di seluruh kawasan," tambah perusahaan itu.

"Seiring dengan pertumbuhan Facebook di Eropa, kami berharap dapat berinvestasi lebih banyak dalam bakatnya dan terus berinovasi di Eropa, untuk Eropa, dan dunia," ujar mereka lagi.

Sebelum Metaverse, Facebook baru-baru ini meluncurkan "Horizon Workrooms", yakni aplikasi kolaborasi kerja di mana orang bisa mengadakan pertemuan sebagai versi avatar diri mereka sendiri di ruang realitas virtual dengan bantuan headset Oculus Quest perusahaan.

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Widodo Irianto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.