Berita

Kawal Program BSPS, DPR RI Monitoring ke Desa-desa di Banyuwangi

Selasa, 19 Oktober 2021 - 15:59
Kawal Program BSPS, DPR RI Monitoring ke Desa-desa di Banyuwangi Anggota Komisi V DPR RI, Sumail Abdullah melakukan monitoring program BSPS di Banyuwangi. (FOTO: Agung Sedana/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Untuk memastikan program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS), dan Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) dari Kementerian PUPR di Kabupaten Banyuwangi tepat sasaran, anggota Komisi V DPR RI, Ir. H. Sumail Abdullah melakukan monitoring langsung di desa-desa.

Di Banyuwangi Jawa Timur, program ini rupanya bisa terlaksana dengan baik di Desa Kenjo, Kecamatan Glagah. Ada 26 rumah tak layak huni yang sudah rampung mengalami renovasi.

"Kami melaksanakan monitoring secara maraton pelaksanaan program Kementerian PUPR di dapil III Jatim. Banyuwangi, Bondowoso dan Situbondo," ucap Sumail, Selasa (19/10/2021).

Politisi dari Partai Gerindra ini menyatakan bahwa pelaksanaan program BSPS di Banyuwangi secara menyeluruh telah berjalan dengan baik. Tidak hanya di Desa Kenjo, di desa lain pun juga teramati telah berjalan dengan lancar.

“Nanti bisa langsung didatangi Kementerian. Agar pembangunan infrastruktur baik berbasis masyarakat maupun kontraktual bisa berjalan lancar. Ini juga patut dicontoh bagi daerah lain," katanya.

Melihat program ini berjalan lancar di Banyuwangi, Sumail sendiri berencana akan menambahkan kuota penerimaan program tersebut. Menurutnya, kerjasama pemerintah daerah dan balai kementerian menjadi kunci keberhasilan program ini. Dalam pengerjaannya, juga tidak luput dari sistem padat karya yang melibatkan masyarakat sekitar.

"Mempertimbangkan program ini berjalan dengan baik, kemungkinan di Banyuwangi bisa ditambah lagi. Tentunya ini khusus bagi masyarakat yang sesuai dengan kriteria penerima program," ujarnya.

Selaku Kepala Desa Kenjo, Ahmad Sofyanto mengucapkan terima kasih atas program yang sudah diaplikasikan di desanya. Menurutnya, penting bagi setiap Kepala Desa untuk bisa menyerap aspirasi masyarakat dan mengupayakan program yang tepat kepada pemerintah.

“Selama kita diam dan pasif, maka tidak akan didengar oleh pejabat. Saya memilih bersuara dan aktif agar masyarakat saya bisa tersentuh program pemerintah," kata Ahmad Sofyanto usai menemani anggota DPR RI Sumail Abdullah saat meninjau pelaksanaan program BSPS di Banyuwangi. (*)

Pewarta : Agung Sedana
Editor : Irfan Anshori
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.