Berita

1.897 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah dalam Kondisi Sehat

Jumat, 02 Juni 2023 - 20:45
1.897 Jemaah Haji Indonesia Tiba di Makkah dalam Kondisi Sehat Salah Satu Jemaah Disambut Di Kota Makkah. (Foto: MCH 2023 Kemenag RI)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Sebanyak 1.897 jemaah haji Indonesia dari lima kelompok terbang (kloter) telah tiba di kota Makkah. Kedatangan jemaah ini terbagi dalam dua gelombang, dengan gelombang pertama tiba pada pukul 20.00 waktu Arab Saudi (WAS) yang terdiri dari jemaah Jakarta Pondok Gede (JKG 01), Solo (SOC 01), dan Makassar (UPG 01). Gelombang kedua tiba pada pukul 22.00 WAS dan terdiri dari jemaah Aceh (BTJ 01) dan Medan (KNO 01).

Duta Besar Republik Indonesia untuk Arab Saudi, Abdul Aziz Ahmad, merasa gembira melihat kedatangan jemaah dalam keadaan sehat dan disambut dengan meriah oleh pihak Maktab di tempat mereka menginap.

"Saya bersyukur melihat jemaah tiba di Makkah dalam keadaan sehat dan petugas yang sigap membantu jemaah," ujar Abdul Aziz saat menyambut kloter 01 Makassar di Sektor 3 Kawasan Syisah Makkah pada Kamis Malam (01/06/2023).

Abdul Aziz juga mengimbau kepada petugas agar membantu mengingatkan jemaah bahwa cuaca di Arab Saudi cukup panas. Oleh karena itu, jemaah diharapkan menjaga kesehatan dan banyak minum untuk menghadapi kondisi tersebut.

Kepala Sektor 3, Ikbal Ismail, menjelaskan bahwa terdapat 392 jemaah asal Makassar yang tergabung dalam Kloter 01 UPG yang tiba di Makkah hari ini. Dari jumlah tersebut, 63 orang di antaranya adalah lansia dan terdapat 12 orang yang menggunakan kursi roda.

"Kami mempersilakan jemaah untuk istirahat selama 2 hingga 3 jam karena mereka baru saja melakukan perjalanan jauh, dan setelah itu mereka dapat melaksanakan umrah wajib," ungkap Ikbal.

"Bagi jemaah lansia dan pengguna kursi roda, mereka akan mendapatkan bimbingan khusus dari petugas hingga kembali ke hotel setelah melaksanakan umrah," tambah Ikbal. (*)

Pewarta : Bambang H Irwanto
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.