https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Puan Maharani Ajak Anggota DPR Tingkatkan Kepedulian

Selasa, 01 Oktober 2024 - 21:35
Puan Maharani Ajak Anggota DPR Tingkatkan Kepedulian angkapan layar Ketua DPR RI Periode 2024–2029 Puan Maharani menyampaikan pidato perdananya di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2024) petang. (FOTO: ANTARA/Fath Putra Mulya)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Ketua DPR RI untuk periode 2024–2029, Puan Maharani, menekankan pentingnya kesadaran di kalangan anggota DPR dalam menjalankan tugas sebagai wakil rakyat. Dalam pidato perdananya di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa petang (1/10/2024), Puan menegaskan bahwa publik akan selalu memperhatikan setiap tindakan para anggota DPR RI.

"Kita sebagai anggota DPR RI memiliki kewajiban-kewajiban sebagai wakil rakyat. Kita dituntut memiliki rasa kepedulian, empati, simpati, pada permasalahan rakyat. Kita dituntut dapat memperjuangkan aspirasi rakyat. Kita harus dapat menempatkan diri dengan memperhatikan kepantasan sosial," kata Puan .

Puan menyatakan bahwa untuk membangun citra DPR yang dapat dipercaya oleh rakyat, diperlukan kolaborasi dari semua pihak. Dia menekankan bahwa kehormatan lembaga DPR berada di tangan para anggotanya sendiri.

"Marilah kita bangun bersama DPR RI yang semakin dekat dengan rakyat, semakin dipercaya rakyat, dan dapat mensejahterakan rakyat," ucapnya.

Puan mengajak seluruh komponen masyarakat, termasuk media, akademisi, mahasiswa, dan lembaga swadaya masyarakat, untuk memberikan kontribusi dalam pengambilan kebijakan. Ia berharap masukan dari masyarakat dapat membantu mencerdaskan kehidupan bangsa.

"Berikanlah pandangan, saran, dan kritik yang ikut mencerdaskan kehidupan bangsa," tegas Puan.

Di akhir pidatonya, Puan menyampaikan rasa syukur atas kepercayaan yang diberikan rakyat kepada mereka.

"Atas nama seluruh anggota dan pimpinan DPR RI, kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan rakyat kepada kami untuk menjadi wakil-wakil rakyat periode 2024–2029," tuturnya.

Rapat Paripurna di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa petang itu, mengukuhkan Puan Maharani dari Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) sebagai Ketua DPR RI.

Ia didampingi oleh empat Wakil Ketua DPR RI, yaitu Adies Kadir (Fraksi Partai Golkar), Sufmi Dasco Ahmad (Fraksi Partai Gerindra), Cucun Ahmad Syamsurizal (Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa), dan Saan Mustopa (Fraksi Partai NasDem).

Puan sebelumnya menjabat sebagai Ketua DPR RI pada periode 2019–2024, sementara Sufmi Dasco juga menjabat sebagai Wakil Ketua DPR RI pada periode yang sama. Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal merupakan anggota DPR RI petahana.

Pada Selasa pagi tadi, sebanyak 580 Anggota DPR RI dan 152 Anggota DPD RI terpilih dilantik berdasarkan Surat Keputusan KPU RI mengenai hasil Pemilu Legislatif 2024 untuk periode 2024-2029. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.