https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Tak Lagi Langka, Warga Banyuwangi Bisa Beli Lagi Minyakita

Rabu, 01 Maret 2023 - 18:37
Tak Lagi Langka, Warga Banyuwangi Bisa Beli Lagi Minyakita Minyak goreng subsidi Minyakita yang dijual di Pasar Banyuwangi. (Foto: Anggara Cahya/ TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Kabar gembira bagi para emak-emak di Banyuwangi, Jawa Timur. Kini minyak goreng subsidi yakni Minyakita sudah dapat kembali dibeli. 

Dijelaskan oleh Koordinator Pasar Banyuwangi, Selamet Hariyadi, melalui staf petugas pasar Banyuwangi, Arista Lila Candra, sekitar dua bulan lalu, Minyakita sempat mengalami kelangkaan. Baik di toko maupun di pasar tradisional karena memang banyaknya permintaan minyak goreng subsidi. Sedangkan stock Minyakita menipis.

Hal tersebut mengakibatkan Minyakita sempat dijual dengan harga tak wajar, karena melebihi dari Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.

"Karena kesulitan mendapat stock, para pedagang di Pasar Banyuwangi menaikkan harganya, dari harga subsidi Rp14.000 naik jadi Rp15.000," jelasnya, Rabu (1/3/2023).

Lebih jauh, Arista menjelaskan, meskipun kembali dengan stock yang cukup, pihak petugas Pasar Banyuwangi tetap melakukan kontrol berbentuk imbauan agar para pedagang tidak menaikkan harga jual Minyakita.

"Karena mereka ambil dari distributor atau sales yang sudah dinaikkan harganya, otomatis para pedagang ini juga ikut menaikkan harga," pungkasnya.

Sementara itu, salah satu pedagang di Pasar Banyuwangi, Inayah (43), membenarkan adanya kelangkaan dan kenaikan harga pada Minyakita.

"Ya selama dua bulan itu susah dapat stock, kalu ada itu juga ambil di sales, jadi harganya lebih mahal,” papar pemilik toko Sumber Rezeki itu.

Kabar gembiranya, pada awal bulan Maret, Minyakita kembali akan disuplai oleh pemerintah setelah kelangkaanya selama dua bulan itu. Namun yang pasti dengan harga maksimal Rp14.000 perliter dan Rp15.000 perkilo tidak boleh dinaikkan.

"Jadi suplai Minyakita nanti sekitar 5 dus per pedagang dalam berbagai kemasan seperti pouch, botol dan kemasan bantal dijualnya juga dengan harga yang sudah ditetapkan pemerintah," tukasnya.

Sementara itu, masih Arista, karena sempat mengalami kelangkaan minyak subsidi, banyak masyarakat memilih beralih ke minyak curah karena harga dan stock yang cenderung stabil dan bisa membeli sesuai jumlah nominal yang dimiliki, karena itu lah minyak curah lebih banyak digemari oleh masyarakat.

"Harga minyak curah hampir sama seperti Minyakita yaitu per liter dihargai Rp14.000 sedangkan Perkilonya Rp14.500," imbuh Arista. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.