Berita

Sejarah Hari Ini: 16 Oktober, Karol Wojtyla Terpilih Sebagai Paus

Sabtu, 16 Oktober 2021 - 10:25
Sejarah Hari Ini: 16 Oktober, Karol Wojtyla Terpilih Sebagai Paus Paus Yohanes Paulus II bersama dengan Bunda Teresa pada tahun 1986 di Kalkuta, India. Kardinal Karol Wojtyla, asal Polandia terpilih sebagai Paus pada 16 Oktober 1978. (foto: AFP)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTASejarah hari ini mecatat peristiwa terpilihnya Kardinal Karol Wojtyla, Uskup Agung Krakow sebagai Paus, pemimpin tertinggi Gereja Katolik pada 16 Oktober 1978. Ini untuk pertama para Kardinal di Vatikan, Roma memilih Paus non-Italia pertama setelah 400 tahun lebih. 16 Oktober juga mencatat peristiwa lain, yakni peringatan Hari Pangan Sedunia, dan berdirinya perusahaan hiburan dan film Walt Disney.

1978: Karol Wojtyla Terpilih Sebagai Paus

Sejarah 16 oktober 2Paus Yohanes Paulus II bersama dengan Bunda Teresa pada tahun 1986 di Kalkuta, India. Kardinal Karol Wojtyla, asal Polandia terpilih sebagai Paus pada 16 Oktober 1978. (foto: AFP)

16 Oktober 1978, umat ​​Katolik di seluruh dunia mempunyai pemimpin baru. Kardinal Karol Wojtyla, asal Polandia terpilih sebagai Paus untuk untuk mengantikan John Paul I, yang meninggal pada bulan September.
Karol Wojtyla, Paus baru yang akan dikenal sebagai Yohanes Paulus II, juga tercatat yang termuda abad ini, pada usia 58 tahun.

Paus Yohanes Paulus II mengalami serangan dan upaya pembunuhan pada tahun 1981, ketika seorang fanatik Turki, Mehmet al-Agca, menembak dan melukainya di Lapangan Santo Petrus. Setelah pemulihan yang lama, Paus Yohanes Paulus II mengunjungi dan memaafkan calon pembunuhnya.

Kunjungi Indonesia

Paus Yohanes Paulus II bepergian secara luas, mengunjungi lebih dari 100 negara. Salah satu perjalanan paling awal, pada tahun 1979, adalah ke Polandia. Paus juga tercatat mengunjungi Indonesia.

Pimpinan tertinggi Gereja Katolik ini melakukan kunjungan pastoral ke Indonesia pada tanggal 9 sampai dengan 14 Oktober 1989. Paus mengunjungi beberapa kota di Indonesia antara lain, Jakarta Yogyakarta, Medan dan Maumere.

Di Indonesia, Paus melakukan banyak dialog dengan masyarakat Indonesia. Dialog ini terjadi antara pemerintahan, pemuka agama. Dalam berbagai dialog, Paus menyatakan kecintaannya pada Indonesia karena di Indonesia masyarakat dapat hidup berdampingan walaupun berbeda agama dan suku yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila.

Paus didiagnosis dengan penyakit Parkinson pada tahun 2001, dan mulai mengalami kesulitan menyelesaikan pidato. Pada tahun 2002 ia kembali ke negara asalnya Polandia. Kunjungan itu secara luas dipandang sebagai perpisahan dengan komunitas Katolik yang paling dekat dengan hatinya.

Paus Yohanes Paulus II meninggal pada hari Sabtu 2 April 2005 setelah ia gagal pulih dari operasi tenggorokan karena masalah pernapasan.

1970: Hari Pangan Sedunia

Sejarah 16 oktober 316 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. tema Hari Pangan Sedunia 2021 adalah 'Our actions are our future- Better production, better nutrition, a better environment and a better life'. (foto: FAO)

Masalah rawan pangan merupakan masalah kronis yang dihadapi oleh bangsa-bangsa di dunia, terutama di negara berkembang seperti Indonesia. Faktor penyebab timbulnya masalah rawan pangan antara lain: lebih cepatnya laju pertumbuhan penduduk dari pada tingkat pertumbuhan produksi pangan, bencana alam, perubahan iklim dan kemunduran sumberdaya alam dan lingkungan.

Berkenaan dengan hal tersebut FAO pada Konperensi FAO ke-20 bulan Nopember 1970 di Roma mencetuskan resolusi No. 179 yang disepakati oleh semua negara anggota FAO termasuk Indonesia, yang menetapkan untuk memperingati World Food Day (Hari Pangan Sedunia) mulai tahun 1981 setiap tanggal 16 Oktober, sesuai hari didirikannya FAO.

Tujuan Hari Pangan Sedunia adalah untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya penanganan masalah pangan baik regional, nasional maupun global.

Adapun tema Hari Pangan Sedunia 2021 adalah 'Our actions are our future- Better production, better nutrition, a better environment and a better life'.

1923: Walt Disney Berdiri

Sejarah 16 oktober 4Walt Disney bersama karakter Donald Duck. 16 Oktober 1923 tercatat sebagai hari lahir perusahaan The Walt Disney Company. (foto: walt disney)

The Walt Disney Company adalah perusahaan di bidang hiburan dan media terbesar di dunia. Didirikan pada 16 Oktober 1923, perusahaan ini didirikan oleh Walt Disney dan Roy Oliver Disney dengan nama Disney Brothers Cartoon Studio. Pusatnya terletak di Burbank, California.

Mickey Mouse dan Donald Duck menjadi dua karakte karya Walt Disney yang paling terkenal di dunia. (*)

Pewarta : Ratu Bunga Ambar Pratiwi (MG-345)
Editor : Wahyu Nurdiyanto
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.