https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Begini Kemajuan Desa Kandangan Banyuwangi, Desa Sekitar Tambang Emas PT BSI

Sabtu, 31 Agustus 2024 - 10:26
Begini Kemajuan Desa Kandangan Banyuwangi, Desa Sekitar Tambang Emas PT BSI Pelaksanaan program PPM PT Bumi Suksesindo (PT BSI), jenis program pavingisasi di Desa Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi. (Foto : Dokumentasi TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Keberadaan pelaku investasi PT Bumi Suksesindo (PT BSI), sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat Banyuwangi, Jawa Timur. Khususnya mereka yang berdomisili diwilayah ring satu perusahaan, yakni wilayah Kecamatan Pesanggaran dan Siliragung.

Kehadiran tambang emas anak perusahaan PT Merdeka Copper GolsT bk (PT MCG) ini terbukti berimbas pada percepatan pembangunan. Ya, seperti yang diakui oleh Kepala Desa (Kades) Kandangan, Kecamatan Pesanggaran, Riyono, SH. Menurutnya, secara perlahan tapi pasti, satu persatu infrastuktur jalan desa setempat berubah mulus berkat program pavingisasi.

“Sampai saat ini, kita sudah mendapat sekitar 10 program pavingisasi dari PT BSI. Enam diantaranya sudah selesai,” kata Riyono, Sabtu (31/8/2024).

Program pavingisasi tersebut, lanjutnya, merupakan program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM) atau Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT BSI.

“Program pavingisasi ini diberikan sesuai dengan harapan atau kebutuhan masyarakat. Sekaligus bentuk komitmen pemerintah desa dalam mewujudkan fasilitas umum yang layak guna mendorong kesejahteraan masyarakat,” beber Riyono.

Disebutkan, kehadiran tambang emas di gunung Tumpang Pitu, di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, itu diakui banyak memberi manfaat. Sebagai desa tetangga, slain program pavingisasi, Desa Kandangan pun pernah mendapat bantuan pembangunan jembatan Kali Buyuk. Yang merupakan akses penting dalam mewujudkan pemerataan ekonomi masyarakat setempat.

Tak berhenti disitu, Riyono juga menyampaikan bahwa PT BSI juga rajin menyalurkan program pemberdayaan masyarakat, beasiswa untuk siswa berprestasi hingga bantuan hewan kurban maupun bantauan Pembangunan tempat ibadah.

“Untuk program pavingisasi, dibagi secara merata di 4 dusun, yakni Dusun Krajan, Sumberbopong, Sumberdadi dan Sumberjambe. Kami bagi untuk mewujudkan pemerataan Pembangunan,” bebernya.

Guna memastikan kualitas program pavingisasi, Riyono beserta jajaran perangkat Desa Kandangan, dengan rutin ikut turun ke lapangan. Terlebih tenaga kerja yang dilibatkan juga masyarakat setempat.

“Kami berharap, PT BSI bisa terus memberi manfaat. Menjadi pelaku investasi yang mampu mendorong percepatan pembangunan, meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar dan meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) generasi penerus bangsa,” cetus Kades Kandangan, Riyono. (*)

Pewarta : Syamsul Arifin
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.