https://banyuwangi.times.co.id/
Berita

Malas Bangun Pagi, Setan Mengikat Tiga Ikatan di Tengkuk? Ini Penjelasannya

Jumat, 29 September 2023 - 02:33
Malas Bangun Pagi, Setan Mengikat Tiga Ikatan di Tengkuk? Ini Penjelasannya Ilustrasi - Bangun Pagi Bagi Muslim (FOTO: freepik.com)

TIMES BANYUWANGI, JAKARTA – Dalam agama Islam, malas bangun pagi dikaitkan dengan setan yang mengikat tiga ikatan di tengkuk seseorang. Ikatan tersebut akan membuat seseorang merasa lelah dan malas untuk bangun pagi.

Hal ini disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW, yang berbunyi:

"Setan membuat tiga ikatan di tengkuk salah seorang di antara kalian ketika ia tidur. Di setiap ikatan setan itu berkata, 'Malam masih panjang, tidurlah!' Jika ia bangun lalu berzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan. Jika ia berwudhu, lepaslah ikatan yang kedua. Jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang ketiga. Sehingga ia bangun dalam keadaan segar dan bersemangat." (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadis tersebut menunjukkan bahwa malas bangun pagi adalah salah satu cara setan untuk menggoda manusia. Setan akan membisikkan pikiran-pikiran negatif kepada manusia agar mereka malas bangun pagi dan tidak beribadah.

Oleh karena itu, umat Islam perlu berhati-hati dan waspada terhadap godaan setan. Berikut adalah beberapa cara untuk mencegah malas bangun pagi:

  • Tidurlah cukup

Dewasa membutuhkan tidur sekitar 7-8 jam setiap malam. Pastikan Anda tidur cukup agar tubuh Anda dapat beristirahat dengan baik.

  • Hindari begadang

Begadang dapat mengganggu kualitas tidur Anda. Hindari begadang agar Anda dapat tidur dengan nyenyak di malam hari.

  • Bangunlah di awal waktu

Cobalah untuk bangun di awal waktu, yaitu sebelum matahari terbit. Dengan bangun di awal waktu, Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk beribadah dan beraktivitas.

  • Lakukan shalat tahajud

Shalat tahajud adalah salah satu ibadah yang dapat membantu Anda untuk terhindar dari godaan setan. Shalat tahajud juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan ketenangan dan kedamaian hati.

  • Bacalah doa bangun tidur

Doa bangun tidur dapat membantu Anda untuk terhindar dari godaan setan. Doa bangun tidur juga dapat membantu Anda untuk memulai hari dengan semangat dan positif.

  • Buatlah jadwal tidur dan bangun yang teratur

Dengan memiliki jadwal tidur dan bangun yang teratur, tubuh Anda akan terbiasa untuk bangun di pagi hari.

  • Ciptakan rutinitas pagi yang menyenangkan

Dengan memiliki rutinitas pagi yang menyenangkan, Anda akan lebih bersemangat untuk bangun di pagi hari.

  • Doronglah diri Anda untuk bangun dari tempat tidur

Jika Anda merasa malas bangun pagi dari tempat tidur, doronglah diri Anda untuk bangun dan lakukan sesuatu yang Anda sukai. (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.