Wisata

Ingat Pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi? Kini Tempatnya Asyik Banget Lho

Senin, 06 Desember 2021 - 15:27
Ingat Pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi? Kini Tempatnya Asyik Banget Lho Wisata pantai Gumuk Kantong Muncar Banyuwangi (Foto: Rizki Alfian/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, BANYUWANGI – Bagi warga Kabupaten Banyuwangi, pasti tidak asing mendengar wisata Pantai Gumuk Kantong. Ya, wisata yang terletak di Desa Sumbersewu, Kecamatan Muncar tersebut memang menyimpan banyak cerita dan kenangan.

Harus diakui, sebelum pariwisata Banyuwangi moncer dan begitu pesat perkembangannya seperti saat ini, wisata Pantai Gumuk Kantong sudah jauh terlebih dahulu tersohor.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, wisata pantai yang menyuguhkan pemandangan Pulau Bali dan semenanjung Sembulungan itu mulai ditinggalkan pengunjung. Banyak alasan yang melatarbelakangi, mulai dari faktor kebersihan, kurangnya fasilitas umum, hingga alasan klasik lainnya.

Pantai Gumuk Kantong 2

Namun kini, wisata primadona masyarakat Banyuwangi wilayah tengah itu mulai bertransformasi. Dengan dikelola secara profesional, Pantai Gumuk Kantong siap kembali unjuk gigi bersaing dan kolaborasi dengan pariwisata lain di Kabupaten Banyuwangi.

Masyarakat sekitar sudah mulai sadar, bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor pengungkit ekonomi yang tidak mati dimakan zaman. Bahkan warga setempat sudah membentuk Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) guna mengelola Pantai Gumuk Kantong secara profesional.

Sejumlah fasilitas umum mulai dibenahi, mulai toilet, tempat ibadah dan gazebo tempat bersantai. Bahkan warga sekitar sudah berdaya mandiri dengan membuka lapak warung kuliner, seperti ikan bakar, lalapan dan lain sebagainya.

Kepada TIMES Indonesia, perwakilan Pokdarwis Gumuk Kantong Berkreasi, Eko mengatakan bahwa pihaknya bersama kelompok terus berupaya untuk mengembangkan wisata Pantai Gumuk Kantong.

"Selama ini untuk merawat dan mengembangkan Pantai Wisata Gumuk Kantong, kita lakukan secara swadaya namun dengan melibatkan masyarakat sekitar," ungkapnya, Senin (6/12/2021).

Menurut Eko, wisata Pantai Gumuk Kantong punya potensi yang luar biasa jika dikembangkan dengan baik. Ditunjang dengan banyaknya kondisi alam seperti pepohonan yang teduh, tentu akan menarik perhatian pengunjung.

Pantai Gumuk Kantong 3

"Kami terus berbenah, dan berusaha semaksimal mungkin mengembalikan era kejayaan Gumuk Kantor seperti dulu. Namun dengan konsep dan perpaduan masa kini," ujarnya.

"Bahkan ada destinasi sejarah juga. Karena disini ada bunker peninggalan Jepang saat era kemerdekaan dulu. Banyak sektor yang kami kira belum digarap maksimal, namun kami perlu waktu," imbuh Eko.

Kepala Desa Sumbersewu, Arisman mendukung penuh upaya untuk membangkitkan wisata Pantai Gumuk Kantong. Dia mengakui, sejak era tahun 80-an, wisata tersebut sudah menjadi jujugan wisatawan.

"Dulu Pantai Gumuk Kantong memang menjadi primadona para pelancong. Orang Banyuwangi kami kira sudah sangat paham dan familiar dengan wisata ini," ungkap Arisman.

Pemdes Sumbersewu berharap dengan hadirnya Pokdarwis Gumuk Kantong Berkreasi mampu mengembalikan 'era kejayaan' wisata tersebut. "Selama ini kami berjalan mandiri, namun tetap berkolaborasi. Tapi tentu kalau ada dukungan dan peran serta dari pemerintah daerah kami kira akan menjadi luar biasa," ungkap Arisman.

"Masih banyak PR kami untuk pengembangan wisata Pantai Gumuk Kantong tersebut. Karena potensinya luar biasa jika dikembangkan dengan baik dan maksimal," tutup Kades Sumbersewu, Muncar Kabupaten Banyuwangi itu. (*)

Pewarta : Rizki Alfian
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.