Wisata

Taman Senja Ngelo, Tawarkan Wisata Malam Tepi Sungai Opak

Minggu, 17 Oktober 2021 - 16:02
Taman Senja Ngelo, Tawarkan Wisata Malam Tepi Sungai Opak Berperahu menyusuri sungai Opak. (Foto: Totok Hidayat/TIMES Indonesia)

TIMES BANYUWANGI, YOGYAKARTA – Ingin mencoba sensasi wisata malam? Keinginan ini dapat dipenuhi di Taman Wisata Senja Ngelo, Dusun Kanoman Kalurahan Pleret Kapanewon Pleret Kabupaten Bantul.

Berlokasi di tepi aliran sungai Opak, sensasi susur sungai pada malam hari menjadi pilihan utama yang ditawarkan kepada wisatawan. Untuk menikmati wisata ini, cukup membayar Rp10.000 untuk dewasa dan Rp5.000 untuk anak-anak. Wisatawan akan dibawa menyusuri aliran sungai Opak menggunakan perahu motor.

Menyusuri sungai pada malam hari memberikan kenangan yang tidak mudah dilupakan. Suara beragam fauna yang hidup ditepian sungai membawa kita lebih dekat dengan alam dan Penciptanya. Angin dingin yang menerpa juga memberikan sensasi berbeda.

Taman Senja Ngelo 2

Setelah puas berperahu menyusuri sungai, wisatawan dapat beristirahat di gazebo sambil menikmati beragam minuman dan makanan. Suasana malam semakin syahdu, dengan hadirnya live musik. Wisatawan bahkan dapat turut serta bernyanyi.

Agar kunjungan wisatawan dapat diabadikan dengan indah. Pengelola menyediakan berbagai spot swafoto. Wisatawan dapat menggunakan setiap spot secara gratis. Untuk menghindari kebosanan, pengelola secara berkala membuat spot swafoto baru.

Ketua pengelola Muhammad Ari Yulianto mengatakan, Taman Senja Ngelo berdiri 4 bulan yang lalu. Berawal dari keinginan warga untuk memiliki obyek wisata, sebagai pengungkit pertumbuhan ekonomi warga dusun Kanoman Pleret Bantul.

Modal awal pembangunan berasal dari patungan warga, mulai dari Rp50.000 hingga Rp500.000 setiap Kepala Keluarga. Uang yang terkumpul mencapai Rp70.000.000. Hingga saat ini, pengelola secara rutin mengumpulkan dana untuk menambah berbagai fasilitas.

Nama Ngelo, diambil dari sejarah masa lalu. Menurut penuturan sesepuh dusun setempat, dahulu lokasi tersebut menjadi tempat beristirahat prajurit Mataram. Karena banyak ditumbuhi pohon Elo, maka warga sepakat dengan nama Taman Ngelo.

Taman Senja Ngelo 3

"Karena buka mulai pukul 16.00, maka disebut Taman Senja Ngelo," jelas pria yang akrab dipanggil Ari, saat ditemui Minggu (17/10/2021) di Taman Senja Ngelo.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Pemkab Bantul Fenty Yusdayati yang berkesempatan menebar benih ikan di Taman Senja Ngelo memberikan apresiasi kepada warga yang secara swadaya membuat obyek wisata sebagai penggerak ekonomi. 

Kepada pengelola Taman Wisata Senja Ngelo, Fenty berpesan agar terus berinovasi. Sebab dengan hadirnya sesuatu yang baru. Menjadi magnet yang mengundang wisatawan untuk selalu hadir. Bila wisatawan sudah hadir, tinggal menjaga pelayanan agar meninggalkan kesan yang baik bagi wisatawan. (*) 

Pewarta : Totok Hidayat
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.