Wisata

Menikmati Sensasi Keramba dan Dermaga Apung di Kampung Kerapu Situbondo

Selasa, 12 Oktober 2021 - 18:06
Menikmati Sensasi Keramba dan Dermaga Apung di Kampung Kerapu Situbondo Suasana keindahan Kampung Kerapu Situbondo.

TIMES BANYUWANGI, SITUBONDOKampung Kerapu merupakan wisata baru yang diresmikan pada 15 Desember 2018 lalu. Lokasi wisata pantai ini berada di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur.

Sampai saat ini, Kampung Kerapu selalu menjadi destinasi wisata yang tidak bisa dilewatkan begotu saja ketika berada di Situbondo. Daya tarik terbesar dari wisata ini adalah budidaya kerapu dan dermaga apungnya yang kurang lebih sekitar 500 meter.

Sepanjang perjalanan menuju Kampung Kerapu, kita akan dimanjakan dengan jejeran laut dan perahu nelayan. Selain itu, di sisi seberang akan disuguhkan pegunungan dan hamparan sawah yang menyegarkan mata. Petani garam dan tambak pun juga menjadi ciri khas daerah Kabupaten Situbondo.

Kampung Kerapu 2Keramba Apung ikan kerapu.

Hanya dengan tarif  Rp5.500,00 per orang, Anda bisa menikmati hamparan laut dan bersantai di jembatan apung.

Anda juga bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya, karena setiap sudut di wisata ini dibuat unik. Tidak hanya itu, terdapat air mancur goyang yang dapat menghibur wisatawan. Permainan ekstrem seperti banana boat pun juga tersedia di sana. Tidak heran jika wisata ini ramai pengunjung.

“Saya senang di sini karena selain bisa liat pemandangan laut, saya juga bisa bersantai dengan keluarga. Jika lapar pun, saya juga bisa beli di cafe atas jembatan . Sudah murah, namun semua tersedia,” ucap Erna, salah satu pengunjung.

Kampung Kerapu juga memiliki fasilitas perahu yang dapat mengangkut pengujung menuju keramba apung. Di sana, pengujung dapat membeli ikan kerapu dengan harga yang murah. Terdapat beberapa jenis ikan kerapu yang dapat kita pilih. Selain murah, kualitas ikan yang segar juga menarik minat pengunjung. Tujuan dibangunnya wisata ini sebenarnya untuk menggerakkan roda ekonomi nelayan kerapu.

Kampung Kerapu 3Dermaga Apung Kampung Kerapu Situbondo.

“Dulu harga kerapu disini pernah anjlok drastis. Akhirnya pemerintah membuat wisata ini agar para nelayan bisa mempertahankan budidaya kerapu,” ucap Heru sebagai warga sekitar.

Wisata Kampung Kerapu ini bisa dijadikan destinasi alternatif saat liburan berlangsung. Wisata ini tidak hanya cocok untuk wisata keluarga, melainkan juga anak muda. Apalagi jika kesini di sore hari, kita dapat melihat matahari terbenam melalui dermaga apung. Dilanjutkan dengan lampu yang gemerlap dimalam hari. (*)

Pewarta : TIMES Magang 2021
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Banyuwangi just now

Welcome to TIMES Banyuwangi

TIMES Banyuwangi is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.